DPRD-Pemkab Lampura akan Bahas DOB Kabupaten Bunga Mayang

  • Bagikan
Wakil Ketua DPRD M. Yusrizal bersama koleganya memberikan keterangan usai rapat bersama dengan anggota DPRD Lampung Utara asal Dapil II yang membahas ketidakjelasan wacana pemekaran Kabupaten SBM.
Feaby|Teraslampung.com
KOTABUMI — DPRD Lampung Utara berencana menggelar rapat bersama dengan Pemkab dan panitia pemekaran daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Sungkai Bunga Mayang (SBM) pada pekan depan. Rapat ini digelar untuk menyikapi mandeknya proses pemekaran SBM.

“Hasil rapat yang dilakukan oleh anggota DPRD asal Daerah Pemilihan (Dapil) II hari, DPRD sepakat akan gelar rapat dengan Pemkab dan Tim pemekaran guna membahas perkembangan wacanan pemekaran SBM,” kata Wakil Ketua DPRD, M. Yusrizal, di ruang Badan Kehormatan DPRD, Selasa (26/7).

Selain dihadiri oleh10 dari 12 anggota Dapil II seperti Ali Darmawan (Hanura), Joni Bedial (Demokrat), Agustori (PDIP), M. Yusrizal (Demokrat), Mulizar (PDIP), Haspawi (Golkar), Agus Supriyanto (PKS), Riyakori (Demokrat), Febriansyah (PKB), Asnawi (PAN),‎ rapat ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD, Rahmat Hartono.

‎Menurut M. Yusrizal, DPRD Lampung Utara mendukung sepenuhnya wacana pemekaran SBM untuk menjadi sebuah Daerah Otonomi Baru (DOB) dan sama sekali tak ada niatan untuk menjegal wacana tersebut. Terlebih, berdasarkan kajian Komisi I DPRD, SBM dinilai layak untuk dimekarkan menjadi DOB.

“Dalam rapat mendatang, kami ingin pertanyakan apa alasannya proses pemekaran ini seperti kehilangan gaungnya. Karena selama ini, kami dari DPRD selalu mendukung penuh upaya pemekaran ini,” tegas dia.

‎Kendati DPRD mendukung wacana pemekaran SBM, politisi besutan SBY ini menandaskan bahwa pihaknya sangat membutuhkan dukungan semua pihak mulai dari masyarakat, panitia pemekaran hingga Pemkab Lampung Utara. Tanpa dukungan itu, maka upaya yang akan dilakukan pihaknya tak akan pernah maksimal.

“DPRD sangat mendukung wacana pemekaran SBM tapi tanpa dukungan dan sinergitas dari semua pihak maka wacana ini mungkin hanya mimpi,” paparnya.

‎Bapak dua anak ini optimistis jika wacana pemekaran SBM ini akan dapat dicapai sesuai dengan keinginan masyarakat asal Dapil II. Sebagai jaminan dari rasa optimistis DPRD ini, ia mengatakan mekanisme atau tahapan yang akan dilanjutkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku terkait wacana pemekaran SBM.

“Kami sangat optimis kalau SBM ini bisa dimekarkan. Jaminannya adalah mekanisme yang akan kami jalankan,”pungkasnya.

Diketahui sejumlah Kecamatan Dapil II di Kabupaten Lampung Utara seperti Sungkai Utara, Sungkai Tengah, Sungkai Jaya, Sungkai Barat, Sungkai Selatan, Muara Sungkai, Sungkai Bungamayang dan Hulu Sungkai berniat memekarkan diri menjadi sebuah DOB yang diberi nama SBM. Untuk mempermudah prosesnya, telah dibentuk Tim baik dari Pemkab maupun Tim dari panitia pemekaran yaitu Tim 9 yang diketuai oleh Hidayat Lembasi.

Berbagai persyaratan pembentukan DOB seperti lokasi perkantoran, jumlah penduduk dan luas wilayah‎ dinilai cukup memadai. Luas tanah yang telah disiapkan mencapai seluas 40 hektar. Sedangkan jumlah penduduknya diperkirakan mencapai140.000 jiwa.

Berdasarkan kajian akademis Universitas Lampung yang bekerja sama dengan Pemkab dengan berlandaskan instrumen pada PP nomor 78/2007 tentang pedoman pembentukan dan penghapusan Kabupaten/Kota, Sungkai Bunga Mayang dianggap layak dengan predikat mampu untuk dimekarkan menjadi sebuah DOB.

  • Bagikan