Dua ASN Pemkab Lampung Utara Dipecat, Ini Sebabnya

  • Bagikan
ASN/PNS mengikuti upacara (ilusrasi)
ASN/PNS mengikuti upacara (ilusrasi)

Feaby Handana | Teraslampung.com

Kotabumi– Karena tidak disiplin, dua oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Lampung Utara diberhentikan dari statusnya sebagai ASN. Kedua oknum ASN itu merupakan bagian dari sebelas ASN yang terkena hukuman disiplin baik berat maupun sedang pada tahun 2020 lalu.

‎”Tahun 2020 lalu ada dua oknum ASN yang dipecat karena tidak disiplin,” terang Sekretaris Inspektorat Lampung Utara, Hertie Leny mewakili Inspektur Kabupaten, M. Erwinsyah, Senin (4/10/2021).

Meski sama – sama dipecat, namun sistem pemecatan mereka tidaklah sama. Satu orang diberhentikan dengan hormat dan satu lagi diberhentikan dengan tidak hormat. Kedua oknum tersebut adalah bagian dari sebelas oknum ASN yang terkena hukuman disiplin.

“Mereka diberhentikan karena kerap tidak masuk kerja,” kata dia.

‎Secara keseluruhan, total ada 11 oknum ASN Pemkab Lampung Utara yang terkena hukuman disiplin. Dari kesebelas oknum itu,10 orang di antaranya terkena sanksi berat. Satu orang lainnya terkena sanksi sedang berupa penundaan gaji berkala selama satu tahun.

Sanksi berat itu terdiri dari dari sanksi pemecatan, penurunan pangkat, serta pembebasan dari jabatan. Untuk oknum ASN yang terkena sanksi penurunan pangkat berjumlah enam orang, sedangkan oknum ASN yang dibebastugaskan dari jabatannya berjumlah dua orang.

“Sebelum menjatuhkan sanksi, kami melakukan pemeriksaan dan pertimbangan yang matang,” katanya.

  • Bagikan