Beranda Politik Dua Hari Dibuka, Pendaftaran Calon Anggota Panwascam Diserbu Pendaftar

Dua Hari Dibuka, Pendaftaran Calon Anggota Panwascam Diserbu Pendaftar

465
BERBAGI
Ma'sum Busthomi

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Pendaftaran Panitia pengawas pemilu Kecamatan Lampung Utara (Panwascam Lampura) yang resmi dibuka pada Senin (16/10/2017) diserbu warga. Buktinya, sudah ada 68 orang yang tercatat mendaftarkan diri pada hari pertama pembukaan.

“Di hari pertama pembukaan sudah ada 68 pendaftar. Jumlah ini diperkirakan akan semakin bertambah karena penutupan pendaftaran masih lima hari lagi,” kata anggota Panwaslu Bidang Koordinator Sumber Daya Manusia dan Organisasi, Ma’sum Busthomi, di kantornya, Selasa (17/10/2017).

Ma’sum Busthomi menuturkan, total anggota Panwascam yang akan direkrut berjumlah 69 orang karena jumlah kecamatan Lampura ada 23 kecamatan. Dengan demikian, tiap kecamatan akan ditempatkan tiga anggota Panwascam.

“Tiap kecamatan itu ada tiga anggota Panwascam. Karena kecamatan kita berjumlah 23 maka secara otomatis dibutuhkan 69 anggota Panwascam,” urainya.

‎Untuk dapat terpilih sebagai anggota Panwascam, menurut Ma’sum, ‎para calon anggota Panwascam harus melalui berbagai tahapan yang diwajibkan. Pelbagai tahapan itu di antaranya seleksi berkas dan ujian tertulis serta wawancara.

“Seleksi administrasi itu seperti pendaftar harus mendaftar di kecamatannya yang sesuai dengan identitas penduduknya dan ‎tak pernah berkecimpung dalam dunia politik, ” kata dia.

‎Berdasarkan jadwal, usai tahapan pendaftaran dan penerimaan berkas serta seleksi administrasi pada 23 Oktober mendatang maka tahapan selanjutnya ialah pemeriksaan tanggapan dan masukan dari masyarakat pada 23 – 27 Oktober. Selanjutnya, tes tertulis pada 29 Oktober dan pengumuman hasil sehari berikutnya.

Para pendaftar yang lulus tes tertulis masih akan diminta melewati tes wawancara yang diadakan pada 31 Oktober – 2 November mendatang. Setelah lulus tes wawancara barulah para pendaftar dapat ditetapkan menjadi anggota Panwascam. Penetapan sendiri dilakukan pada 5 November.

Ma’sum menjelaskan, ketatnya persyaratan dan tahapan yang harus dipenuhi atau dilalui oleh para pendaftar sengaja diberlakukan agar para Panwascam terpilih benar – benar sosok yang memiliki integritas, berkepribadian baik, dan netral.

“Dengan begitu, diharapkan para Panwascam yang terpilih benar – benar berintegritas, dan terjaga kenetralannya,” tuturnya.