Dua Hari Jelang Idul Adha, Gaji ke-13 ASN Pemkot Bandarlampung Belum Cair

Kantor Pemkot Bandarlampung
Kantor Pemkot Bandarlampung
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG — Dua hari menjelang Hari Raya Idul Adha 144 H, para ASN Pemkot Bandarlampung belum mendapatkan gaji ke-13. Padahal, sebelumnya Walikota Bandarlampung Eva Dwiana berjanji akan membayar gaji ke 13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebelum Hari Raya Idhuladha.

Seorang ASN Pemkot Bandarlampung  kepada teraslampung.com mengatakan, tanda-tanda informasi dana sudah ada di rekeningnya belum disampaikan oleh bendahara gaji.

“Sistemnya pencairannya seperti gaji, yaitu bendahara mengabarkan bahwa  dana sudah masuk rekening. Bendahara dapat informasi dari keuangan (BPKAD) kalau dana gaji ke 13 sudah masuk rekening. Tugas bendahara gaji mentransfer dana itu ke masing-masing PNS. Sistemnya sudah baku. Mereka memakai sistem payroll,” katanya, Senin (26/6/2023).

Sebelumnya, janji walikota tentang pencairan gaji ke 13 akan dicairkan menjelang Hari Raya Iduladha diungkapkan oleh Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), M. Ramdhan.

“Harapan dari Bunda (sapaan akrab Walikota Eva Dwiana) agar gaji ke 13 itu bisa dirasakan/dinikmati para PNS pada saat lebaran haji. Selain itu kan bersamaan dengan kebutuhan biaya anak sekolah,” jelasnya, Selasa, 6 Juni 2023  lalu.

Berdasarkan penelusuran teraslampung.com, dana untuk membayar gaji ke 13 itu sebenarnya sudah bisa dibayarkan.

“Kabarnya anggaran buat gaji ke 13 itu dipake buat bayar insentif RT, Kaling, Babinsa, Babinkamtibmas. Akhirnya janji mau cair dekat lebaran haji (Iduladha) sepertinya batal,” ungkap seorang PNS yang enggan disebut namanya.

Dana APBD untuk membayar  insentif RT, Kaling, Babinsa, Babinkamtibmas bulan Mei 2023 yang harus dikeluarkan ,Pemkot Bandarlampung lumayab besar, yaitu  Rp11 miliar.

Dandy Ibrahim