Dua IRT Asal Lampung dan Satu dari Sumsel Terlibat Pencurian di Toko Emas

Dibekuk Polresta Tangerang

Ilustrasi tahanan.
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM, TANGERANG  — Polsek Cisoka dan Polres Kota Tangerang menangkap 5 pelaku pencurian emas di salah satu toko emas di Pasar Cisoka, Kabupaten Tangerang, 12 April 2022 lalu. Tiga di antaranya perempuan dan berstatus sebagai ibu rumah tangga.

“Tiga IRT itu, dua dari Lampung dan satu dari Sumatera Selatan,” kata  Kapolres Kota Tangerang Komisaris Besar Zain Dwi Nugroho, Sabtu 23 April 2022.

Ketiganya adalah S (44 tahun),  warga Desa Kebagusan, Kecamatan Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung; NA (27 tahun), arga Desa Kurungan Nyawa, Kecamatan Gedongtataan; dan M (32 tahun), warga Desa Sukodadi, Kecamatan Sukarame, Kota Palembang.

Sedangkan dua tersangka pria  adalah RD 27 tahun dan FR 48 tahun, keduanya warga Desa Kebagusan, Kecamatan Gedong Tataan. “Para tersangka kami tangkap di rumahnya masing-masing di wilayah Pesawaran dan Palembang,” ucap Zain.

Aksi pencurian emas itu terjadi pada Selasa 12 April 202, terekam kamera CCTV dan videonya viral di media sosial.

Menurut Zain, saat itu 6 orang mendatangi toko emas itu secara bertahap. Beberapa pelaku kemudian mengalihkan perhatian korban dengan berpura-pura bertanya soal harga emas.

“Sedangkan pelaku lain mengutil emas yang ada di etalase. Pelaku berhasil mengutil 7 buah kalung emas singapur 22 karat seberat 48 gram senilai sekitar Rp22 juta,” kata Zain.

Setelah berhasil mengutil kalung emas, para tersangka langsung melarikan diri menggunakan kendaraan roda empat Pajero.

Setelah melakukan penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara (TKP), polisi berhasil mengidentifikasi mobil Pajero yang digunakan. Mobil Mitsubishi Pajero Sport dengan nomor Polisi BE 54 NTI diduga milik salah satu tersangka perempuan berinisial S.

Setelah melakukan kordinasi dan pemetaan , tim berangkat menuju Lampung dan menangkap para tersangka. “Dan menemukan mobil Pajero yang identik dengan mobil yang digunakan tersangka pencurian emas,” tutur Zain.

Zain menjelaskan, para tersangka berikut barang bukti dibawa ke Polresta Tangerang untuk penyelidikan lebih lanjut. Kasus pencurian toko emas ini masih terus dikembangkan untuk mengungkap kemungkinan ada tersangka lain ataupun sindikat.

“Para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara,” kata Zain.

TEMPO