Beranda News Kesehatan Dua Juta Anak di Lampung Jadi Sasaran Program Imunisasi Campak Rubella

Dua Juta Anak di Lampung Jadi Sasaran Program Imunisasi Campak Rubella

2154
BERBAGI
Kepala Seksi Survelian dan Imunisasi Dinas Kesehatan Lampung Yenny Ekawati menyampaikan materi pada Workshop Kampanye Imunisasi Measles Rubella bagi Media, di Aula Dinas Kesehatan Lampung, Senin (30/7/2018).

TERASLAMPUNG.COM — Sebanyak 95 persen atau 2 juta anak beusia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun di Lampung akan menjadi sasaran program imunisasi campak rubella pada tahun 2018.

“Target kami cukup besar. yakni 2 juta lebih anak yang harus diimunisasi campak rubella di Lampung, kita no. 3 terbesar di luar pulau jawa oleh sebab itu kami (dinas kesehatan) membutuhkan dukungan media agar target tercapai kalau bisa 100 persen,” kata Kasi Survelian dan Imunisasi Dinas Kesehatan Lampung, Yenny Ekawati, pada caara Workshop Kampanye Imunisasi Measles Rubella bagi Media, di Aula Dinas Kesehatan Lampung, Senin (30/7/2018).

Acara kerjasama Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dengan Unicef itu dikuti para wartawan dari beberapa media massa di Lampung.

Menurut Yenny, program imunisasi itu bertujuan agar masyarakat kebal terhadap campak rubella, memutus transmisi campak dan rubella, menurunkan angka kesakitan dan menurunkan angka kejadian campak rubella.

“Imunisasi rubella hanya diberikan kepada anak usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun karena dari data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang terkena campak mencapai 89 persen sedangkan rubella 77 persen,” kata dia.

Yenni  mengatakan vaksin campak rubella ini sudah digunakan di negara – negara lain seperti di Arab Saudi, Qatar, Afghanistan dan negara – negar Islam lainnya.

“Dan yang tidak kalah pentingnya imunisasi ini gratis,” jelasnya

Pelaksanaan imunisasi measles rubella bagi anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun dimulai bulan Agustus dan September 2018.

Pada bulan Agustus 2018  imunisasi akan dilaksanakan di sekolah – sekolah mulai PAUD, SD, SMP/mts atau sederajat. Bulan September dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas, Puskesmas Pembantu, dan rumah sakit.

Dandy Ibrahim