Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Dua Kandidat Sekretaris KPUD Lampura Jalani Uji Kepatutan dan Kelayakan

Dua Kandidat Sekretaris KPUD Lampura Jalani Uji Kepatutan dan Kelayakan

225
BERBAGI
Kepala Bidang Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Perdana Putra menjalani fit and proper tes sebagai kandidat Sekretaris KPUD Lampung Utara, Kamis (9/2/2017).

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–‎Perdana Putra dan Horizon, dua dari kandidat Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Lampung Utara menjalani fit and proper test yang dilak‎ukan oleh lima anggota KPUD, di Aula Kantor KPUD, Kamis (9/2/2017).

‎Kandidat pertama yang menjalani tes ialah Perdana Putra pada pukul 11.00 WIB. Sementara, Horizon dijadwalkan melakukan tes pada pukul 13.00 WIB. Sedangkan, kandidat terakhir, ‎Gunaido belum dapat mengikuti tes lantaran sedang menjalankan ibadah Umroh, di tanah suci, Mekah, Arab Saudi.

Pantauan di lokasi, fit and proper test yang dilakukan oleh kelima anggota KPUD seperti Marthon (Ketua), Aprizal Ria (anggota), Mad Akhir (anggota), Tedy Yunada (anggota) dan Marswan Hambali (anggota) hanya berupa tes wawancara. Tes sendiri hanya menghabiskan waktu selama satu jam.

Usai menguji Perdana Putra‎, Ketua KPUD, Marthon menuturkan, fit and proper test yang kepada ketiga nama calon yang diusulkan oleh Pemkab ini untuk mencari sosok yang tepat untuk menempati posisi Sekretaris KPUD yang saat ini masih berstatus Pelaksana Tugas. Sementara ini, jabatan Pelaksana Tugas itu dijabat oleh Keapla Sub Bagian Umum, Horizon.

Tujuan fit and proper test ini, kata Marthon lagi, untuk menentukan sosok yang paling layak menduduki posisi Sekretaris KPUD. Setelah dilakukan penilaian, ketiga nama kandidat akan disampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Lampung untuk ditetapkan siapa yang paling layak terpilih sebagai sekretaris.

“Target kami sih, akhir bulan ini, KPUD sudah punya sekretaris yang baru,” kata dia usai melakukan test.

Sementara mengenai ketidakhadiran salah satu kandidat lainnya, yakni Gunaido Uthama, Marton mengatakan, pihaknya telah menjadwalkan ulang fit and proper test bagi yang bersangkutan tak lama setelah yang bersangkutan tiba di tanah air. Diperkirakan, tes itu telah dapat dilakukan pada pekan depan.

“Tes bagi Gunaido akan kami lakukan usai yang bersangkuta tiba di tanah air,” katanya.

Di lain sisi, Perdana Putra mengaku optimis dapat dipercaya mengemban amanah sebagai Sekretaris KPUD yang baru. Adapun materi yang dipertanyakan para komisioner dalam tes yang baru dijalaninya di antaranya pengetahuan dirinya seputar tugas pokok dan fungsi sekretaris, Etika dan Integritas, aturan/manajemen penganggaran, kepemimpinan, teknis kepemiluan, pemecahan masalah dan manajemen kepemimpinan.

“Kalau tak optimis, ngapain saya datang ke sini. Tapi, yang jelas, jika amanah itu dipercayakan kepada saya, saya akan berusaha mengembannya dengan baik,” jelas dia.

Di tempat sama, Horizon juga optimistis dirinya akan terpilih sebagai Sekretaris KPUD yang baru. Jika dirinya tak yakin maka dirinya tak akan nekad untuk mengikuti pertarungan tersebut.

“Optimis dong. Kalau enggak optimis, ‎enggak mungkin saya mau ikut bertarung,” katanya.

Ketiga kandidat itu, yakni Pelaksana Tugas Sekretaris KPUD, Horizon, ‎Kepala Bidang Investasi Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset, Gunaido Uthama, serta Kepala Bidang Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Perdana Putra.