Beranda Pendidikan Kampus Dua Mahasiswa Thailand Magang di IBI Darmajaya

Dua Mahasiswa Thailand Magang di IBI Darmajaya

176
BERBAGI
Dua mahasiswa asal Thailand yang mengikuti program magang di IBI  Darmajaya Bandarlampung. (Foto: Istimewa)

Bandarlampung, Teraslampung.com – Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya kembali menyelenggarakan program magang internasional (international internship programe). Bila sebelumnya, periode I diikuti mahasiswa asal India, Sajidur Rahman, kini periode II diikuti mahasiswa asal Thailand.

Mereka yakni Chengchor Meng dari Mahasarakham University dan Dalin Pen dari Chiangmai Rajabhat University. Kedua mahasiswa semester 6 ini akan menjalankan magang di perguruan tinggi yang berjulukan Kampus Biru tersebut selama hampir satu bulan mulai 19 Oktober – 12 November 2015.
Chengchor Meng mengaku senang, dan merasa beruntung bisa berkesempatan untuk magang di IBI Darmajaya. Diungkapnya, sebelumnya ia harus melalui rangkaian proses penyeleksian untuk bisa terpilih sebagai peserta international internship program.

“Kami sangat senang bisa menjalani magang di IBI Darmajaya. Para dosen, karyawan, dan mahasiswa juga sangat ramah, bersahabat, dan saling membantu. Kami juga begitu tertarik mengunjungi Indonesia karena Negara ini dikenal kaya akan kebudayaan, beragam bahasa, tempat pariwisata, dan keindahan alamnya yang luar biasa,” ujar mahasiswa jurusan Human Resource Management ini.

Dalin Pen menambahkan dengan mengikuti magang di IBI Darmajaya, mereka ingin belajar, dan membuka wawasan baru baik dibidang ilmu akademik, maupun memperoleh pengalaman dalam mengenal kebudayaan, bahasa, dan pariwisata di Lampung.

Menurutnya, IBI Darmajaya tidak hanya memiliki fasilitas yang lengkap, tetapi juga ditunjang dengan  tenaga pengajar yang mumpuni dibidangnya serta menerapkan sistem kurikulum pembelajaran yang menyesuaikan kebutuhan dunia industri.

“Di sini kami juga akan menyusun laporan akademik dengan melakukan penelitian sesuai dengan bidang ilmu studi, dan dibimbing langsung oleh dosen IBI Darmajaya. Tentu pengalaman selama 1 bulan disini akan memberikan banyak pengalaman, dan pembelajaran yang berharga serta tak terlupakan bagi kami,” imbuh mahasiswa jurusan International Business English ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Hubungan Internasional (KUHI) Darmajaya, Rahmalia Syahputri mewakili Rektor IBI Darmajaya Dr. Andi Desfiandi, SE., MA mengatakan international internship merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh International Office IBI Darmajaya dan didukung oleh Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dengan pemberian hibah Program Bantuan Kelembagaan Kantor Urusan Internasional (PKKUI) yang diperoleh IBI Darmajaya dari tahun 2015.

“Magang internasional ini bertujuan agar kehadiran mahasiswa asing dapat membawa nuansa internasional di kampus. Sehingga mahasiswa kami terbiasa untuk berinteraksi, berkomunikasi, mengenal kebudayaan asing, serta menumbuhkan sikap saling menghargai perbedaan antar bangsa dan Negara,” ujarnya.

“Banyak aktifitas yang akan mereka jalani selama 1 bulan di IBI Darmajaya, seperti membuat newsletter, wall magazine dan scrapbook, serta video yang berkaitan dengan internasionalisasi untuk mempromosikan program internasional Kantor Urusan Hubungan Internasional IBI Darmajaya dan mereka pun akan ikut terlibat pada kegiatan tersebut,” paparnya.

Rahmalia menambahkan, mereka juga akan melakukan kunjungan industri, ke radio lokal, dan melakukan pengabdian masyarakat dengan mengunjungi SMA di Bandar Lampung untuk meningkatkan kesadaran sejak dini tentang pentingnya internasionalisasi melalui pengenalan budaya negara masing-masing kepada siswa, dan masyarakat di Lampung.

“Selain menerima mahasiswa asing untuk magang maupun kuliah disini, IBI Darmajaya juga telah sering mengirimkan mahasiswa kami untuk kuliah dan mengikuti program internasional di perguruan tinggi di luar negeri. Hal ini dilakukan untuk memotivasi mahasiswa untuk lebih membuka wawasan yang luas, mengembangkan potensi diri, dan meningkatkan kemampuan sehingga mereka diharapkan akan menjadi lulusan yang berkualitas serta berdaya saing global,” harapnya.(*)

Loading...