Beranda Pendidikan Kampus Dua Mahasiswa Unila Ikuti Seleksi KN MIPA Tingkat Nasional

Dua Mahasiswa Unila Ikuti Seleksi KN MIPA Tingkat Nasional

382
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Dua mahasiswa Universitas Lampung (Unila) ikuti seleksi Kompetisi Nasional bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN MIPA) Perguruan Tinggi untuk tingkat nasional, Selasa (8/9/2020), secara daring.

Sofan Irawan, Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unila dan Sabrina Naila Dastiana dari Jurusan Biologi FMIPA lolos mewakili Unila pada bidang matematika dan biologi.

Ketua Panitia Seleksi KN MIPA Unila Dr. Drs. Amir Supriyanto, M.Si., mengatakan, kedua mahasiswa tersebut maju pada tahap nasional setelah lolos seleksi wilayah regional LLDIKTI wilayah II, mengungguli 10 mahasiswa lainnya.

KN MIPA merupakan kompetisi yang diselenggaraan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kompetisi ini diselenggarakan untuk meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi.

Dalam rangka mendorong peningkatan prestasi mahasiswa, kemampuan akademik, wawasan dan kecintaan mahasiswa terhadap bidang studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), serta peningkatan kualitas perguruan tinggi.

Pelaksanan KN MIPA tahun 2020 di Unila telah dilaksanakan sejak Juni lalu. Pada tahap pertama, 12 orang lolos untuk tingkat universitas. Mereka dibagi dalam 4 bidang yaitu matematika, fisika, kimia, dan biologi yang masing-masing bidang terdiri dari 3 orang.

12 mahasiswa yang lolos kemudian diikutsertakan seleksi tahap kedua yaitu tingkat regional wilayah II. Pada tahap ini, dua
orang berhasil lolos dan maju ke tahap 3 atau tingkat nasional.

Menurut Amir, tes tingkat nasional dilaksanakan pada 7 hingga 10 September 2020. Pad hari pertama diisi dengan pembukaan dan pemaparan tim IT KN MIPA mengenai penyelenggaraan tes secara teknis. Tes dilakukan selama dua sesi dan hasilnya diumumkan secara daring pada 10 September 2020.

Amir mengungkapkan, para peserta yang mengikuti kompetisi ini telah dibekali sejak persiapan hingga menuju tingkat regional. Peserta yang terpilih untuk tingkat regional mengikuti pembekalan penguatan materi. Untuk masing-masing bidang, pembekalan dilakukan delapan kali secara tatap muka.

Pelaksanaan KN MIPA 2020 mengalami perubahan dibandingkan pelaksanaan tahun sebelumnya. Proses seleksi di tingkat wilayah dan nasional diselenggarakan dengan metode daring sebagai upaya pencegahan Covid-19 selama pandemi di Indonesia.

Berbicara soal target pencapaian, Dosen Jurusan Fisika FMIPA Unila ini mengungkapkan, dirinya optimistis perwakilan Unila bisa memberikan yang terbaik. Ia pun mengapresiasi para dosen yang telah mendukung kegiatan.

Loading...