Dua Menteri Kabinet Jokowi-JK Ini Pernah Hampir Jadi Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II Pimpinan Presiden SBY

  • Bagikan
Prof. Dr. Nila Djuwita FA Moeloek (dok kompas,com) 

JAKARTA, Teraslampung.com—Di 34 nama menteri dalam susunan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla, terdapat dua nama yang pernah hampir menjadi menteri pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dua nama itu adalah Prof Dr Nila Djuwita Farid Anfasa Moeloek, SpM(K) (Menteri Kesehatan) dan Rachmat Gobel (Menteri Perindustrian).

Prof Dr Nila Djuwita Farid Anfasa  Moeloek a pernah menjadi salah satu calon Kabinet Indonesia Bersatu II. Nila sudah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan. Namun, Presiden SBY ketka itu lebih memilih Dr. Endang Rahayu Sedyaningsih menjabat Menteri Kesehatan, Prof Nila akhirnya batal menjadi Menkes di menit-menit menjelang pengumuman.

div class="__mango" data-placement="5690">

Saat masih menjabat menteri, Endang mengundurkan diri karena sakit kaner. Ia meninggal dunia karena kanker paru pada Mei 2012. Dr Nafsiah Mboi akhirnya menggantikan posisi Endang.

Nila Djuwita Anfasa Moeloek (lahir di Jakarta, 11 April 1949. Ia merupakan adalah ahli oftalmologi (ilmu penyakit mata) dan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Nila adalah mantan Menteri Kesehatan asal Lampung, Prof. Dr. Farid Anfasa Moeloek

Selain mengajar di FK UI, Nila pernah  menjadi “Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millennium Development Goals”, 2009 – 2014.

Rachmat Gobel (dok twitter)

Rachmat Gobel juga pernah menjadi calon menteri Kabinet Indonesia Bersatu II. Ia sempat diundang Presiden SBY untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan. Waktu itu ia sempat disebut-sebut menjadi Menteri Perindustrian atau Menteri Perdagangan. Namun, saat Presiden SBY mengumumankan susunan kabinet nama Rachmat Gobel tidak muncul.

Rachmat Gobel (lahir di Jakarta, 3 September 1962. Ia termasuk pengusaha sukses, yakni generasi kedua dari keluarga Gobel yang mengendalikan perusahaan National Gobel Group yang sekarang bernama Panasonic Gobel Group.

Jiwa kepemimpinan dan kewibawaan yang dimiliki oleh Rachmat Gobel tidak datang secara tiba-tiba. Sedari kecil ia telah dididik untuk menjadi pewaris dan pemimpin dari perusahaan Kelompok Usaha Gobel, yang didirikan dan dipimpin oleh Alm. Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel, ayahandanya.

Rachmat Gobel adalah anak ke lima dan putra laki-laki pertama dari pasangan Alm. Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel dan Almh. Annie Nento Gobel. Alm. Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel disamping pendiri dari Kelompok Usaha Gobel, adalah juga perintis industri elektronika di Indonesia. Rachmat Gobel menikah dengan Retno Damayanti dan telah dikaruniai dua orang anak, yaitu Nurfitria Sekarwillis Kusumawardhani dan Mohammad Arif Gobel.


Dewi Ria Angela/Bambang Satriaji
Sumber: wikipedia.com/dbs
  • Bagikan