Beranda Hukum Dua Polisi yang Tertangkap di Malaysia Dipulangkan setelah Bayar Uang Jaminan

Dua Polisi yang Tertangkap di Malaysia Dipulangkan setelah Bayar Uang Jaminan

152
BERBAGI

JAKARTA, Teraslampung.com — Duta Besar RI untuk Malaysia, Herman Prayitno menyatakan, AKBP Idha Endri Prastiono dan Bripka M.P. Harahap, yang ditangkap Unit Narkotika Polisi Diraja Malaysia (PDRM) akan dipulangkan ke Tanah Air pada Selasa (09/09) malam. Meski demikian, Idha dan Harahap harus menandatangani sejumlah berkas perjanjian serta membayar uang jaminan.

“Status dua oknum polisi yang diduga terlibat dalam jaringan narkoba di Malaysia berubah dari semula tersangka menjadi saksi. Itu menunjukkan kerjasama yang baik antara PDRM dengan Polri,” kata Herman Prayitno.

Menurutnya, salah satu persyaratan yang disodorkan PDRM, mewajibkan Idha dan Harahap untuk memenuhi panggilan pengadilan di Malaysia untuk menjadi saksi perkara narkoba. Demikian juga terkait uang jaminan yang harus mereka bayarkan senilai RM.1000 atau sekitar Rp.36 juta per orang.

Dalam hal ini, KBRI Kuala Lumpur pun memberikan jaminan yang disyaratkan pihak Malaysia yaitu dua orang dari KBRI menjadi penjamin bahwa oknum polisi tersebut tidak akan mangkir dari proses hukum.

Rencananya, setelah proses pengurusan berkas pemulangan Idha dan Harahap di Kuching, Sarawak selesai, kedua oknum ini dibawa ke Kuala Lumpur untuk proses pemulangan ke Jakarta.