Dukung Saber Pungli, Wakil Walikota Metro Minta ‘Call Center’ Segera Dibentuk

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Wakil Walikota Metro Djohan dan Forrkopimda Kota Metro menghadiri Rapat Pembentukan Saber (Sapu Bersih) Pungli (Pungutan Liar), di Aula Patriatama Polres Metro, Kamis (03/11/2016).

Dalam rapat tersebut Wakil Walikota Metro menyampaikan harapannya agar seluruh pese rta rapat untuk dapat menyamakan presepsinya agar tidak terjadi kesalah pahaman.

Djohan juga berharap agar pungli di Kota Metro dicegah dan selanjutnya dapat dilakukan penindakan jika hal tersebut terbukti bersalah.

“Mari kita tindak lanjuti arahan presiden ini sehingga saber pungli dapat berjalan dengan baik. Semoga posko pelaporan dan call center dapat dipercepat” ungkap Djohan.

Dalam paparannya Kasiwas Polres Metro Tatik Mulyaningsih menjelaskan jika dasar dari peraturan mengenai Saber Pungli yakni berasal dari Perpres RI Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

Menurut Kasiwas Polres Metro sasaran saber pungli berada pada sentra pelayanan publik di Kementerian, Lembaga atau Pemerintah Daerah.

Perwakilan dari Kajari Metro Adi Muliawan mengapresiasi pembentukan tim satgas saber pungli tersebut. Adi Muliawan berharap tindak penangkapan terhadap pelaku pungli tidak berhenti ditengah jalan.

“Kita bedakan apabila ASN melakukan pungli artinya dia korupsi, dan apabila masyarakat yg melakukan Pungli bisa di kategorikan pemerasan,” kata Adi Muliawan.

Kasat Reskrim Polres Metro Yohanis berharap jika ada pengaduan masyarakat sebaiknya dikoordinasikan.

“Jika perbuatan tersebut memenuhi unsur pidana maka dapat meminta saran pada pihak kejaksaan. Menurut Kasat Reskrim Polres Metro apabila ASN melakukan pungli maka perbuatan tersebut masuk kedalam ranah korupsi,” katanya.

  • Bagikan