Beranda Ekbis Bisnis Dukung Wisata Pulau Pahawang, PLN akan Pasang Kabel Listrik Bawah Laut

Dukung Wisata Pulau Pahawang, PLN akan Pasang Kabel Listrik Bawah Laut

609
BERBAGI
Pulau Pahawang (ilustrasi)

TERASLAMUNG.COM — PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) UID Lampung berencana memasang kabel listrik bawah laut di Pulau Pahawang. Pemasangan kabel listrik bawah laut itu untuk mendukung agar kawasann Pulau Pahawang yang sudah dikenal sebagai tempat wisata akan makin berkembang.

“Hal itu juga untuk mendukung program perkembangan pariwisata di Provinsi Lampung khususnya yang ada di pulau- pulau terpencil. Proyek induk pembangkit dan jaringan listrik sepanjang 2,7 km ke Pulau Pahawang akan dimulai pada 17 Agustus 2019,” kata  General Manager PLN Lampung, Pandapotan Manurung, usai nonton bareng dengan para wartawan di Transmart Bandarlampung, Kamis, 4 Juli 2019.

Menurut Pandpotan, Pulau Pahawang jaraknya yang tidak terlalu jauh dari daratan wilayah Kabupaten Pesawaran.

“Saat ini sudah terpasang kabel laut di Pulau Pisang sekitar 2,5 kilometer. Tahun ini, kabel lisgtrik yang akan ditarik ke arah Pahawang itu 2,7 kilometer,” katanya.

Pandapotan mengatakan selama ini warga Pahawang memanfaatkan disel untuk penerangan dan mendukung aktivitas sehari-hari. Dengan adanya aliran listrik nantinya warga Pahawang akan mendapatkan pasokan listrik selama 24 jam.

“Selain untuk kebutuhan wisata, juga bisa menggaet investor datang ke Lampung. Kita harus mendukung Pahawang sebagai destinasi wisata. Apalagi kini Pahawang sudah sangat terkenal, sudah mendunia seperti Pantai Krui,” katanya.

Karena perairan di sekitar Pulau Pahawang kaya terumbu karang, Pandapotan menegaskan proses pengerjaan proyek kabel bawah laut akan dilakukan dengan sangat hati-hati.

Tentsang teknik pemasangan kabel bawah laut yang banyak terumbu karangnya, Pandapotan mengatakan hal itu tergantung pada letak geografis.

“Biasanya hanya dikubur. Tapi di Pahawang nanti kabelnya tidak dikubur karena kita tidak mau merusak terumbu karang. Kabelnya hingga nanti diletakkan dan ditutup saja, kemudian diberi tanda peringatan terdapat kabel bawah laut terkubur di bawahnya,” katanya.

 

Loading...