Eksistensi BKM Dinilai Makin Penting dalam Pelaksanaan PNPM Mandiri

  • Bagikan
Workshop PNPM Mandiri di Bandarlampung, 29-30 September 2014.

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), yang keberadaannya difasilitasi oleh Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan, eksistensinya dinilai makin penting sebagai lembaga amanah bagi kelompok peduli dalam mengaktualisasikan pembangunan partisipatif berbasis kebutuhan masyarakat.

Penegasan itu disampaikan Manajer PNPM Mandiri Perkotaan Wilayah Lampung, Ir. Sujoko, dalam acara workshop PNPM Mandiri yang di Hotel Horison Bandarlampung, Senin (29/9).

“BKM didesain menjadi lembaga yang mengakar dan representatif. Sebagai lembaga yang mengakar. Dengan begitu,  BKM harus memahami denyut nadi dan permasalahan yang dihadapi masyarakat, terutama masyarakat miskin,” ujar Sujoko.

Menurut dia, sebagai lembaga yang representatif diharapkan BKM mampu menyalurkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat terutama masyarakat miskin sehingga ada keberpihakan dari sisi program maupun anggaran.

Sujoko mengatakan, PNPM Mandiri menjadi kerangka kebijakan dan acuan pelaksanaan sinergi berbagai program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. Program yang tercakup dalam PNPM Mandiri adalah program penanggulangan kemiskinan yang menekankan pembangunan kapasitas masyarakat dan penciptaan akses kepelayanan dasar seperti prasarana, pendidikan, kesehatan, dana, dan lainnya.

Menurut Sujoko, PNPM Mandiri  dilaksanakan melalui pendekatan pembangunan, bertumpu pada masyarakat dimana masyarakat didudukkan sebagai pelaku utama didampingi dan diberdayakan agar mampu menanggulangi berbagai persoalan yang terkait dengan kemiskinan.

“PNPM mandiri bukan ‘Satu  Program  Super’,  tetapi merupakan program harmonisasi dan sinergi berbagai program atau juga disebut program bersama,” kata dia.

Terkait hal itu, kata Sujoko, dibutuhkan pendamping sebagai upaya memandirikan masyarakat sesuai dengan komitmen bersama BKM, pemerintah, dan masyarakat.

 Mas Alina

  • Bagikan