Beranda Politik Elektabilitas Prabowo-Hatta Terkerek Faktor SBY

Elektabilitas Prabowo-Hatta Terkerek Faktor SBY

556
BERBAGI

Dewi Ria Angela/Teraslampung.com

JAKARTA – Faktor Susilo Bambang Yudhoyono dan Partai Demokrat dikabarkan mulai berdampak mengerek elektabilitas Prabowo-Hatta. Elektabilitas Prabowo-Hatta yang terus naik, sementara Jokowi-Kalla yang relatif stagnan bisa mengancam posisi Jokowi-Kalla. Apalagi, fitnah makin gencar dilancarkan ke kubu Jokowi-Kalla.

“Pemilih yang puas dengan kinerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono lebih banyak memilih Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, sedangkan pemilih yang tidak puas terhadap kinerja SBY lebih banyak memilih Jokowi-JK,” kata Direktur Eksekutif lembaga survei Indo Barometer M. Qodari, di Jakarta, Minggu.

Qodari menilai, efek Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terhadap Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2014 mulai terasa mempengaruhi masyarakat dalam menentukan pilihannya. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Indo Barometer 16 hingga 22 Juni 2014 yang  melibatkan 1.200 responden di 33 provinsi Indonesia bahwa pemilih yang puas dengan kinerja Presiden SBY cenderung memilih Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Dia menyampaikan hal itu turut disebabkan adanya dukungan terbuka yang dilontarkan Fraksi Demokrat di DPR RI dan individu pengurus Demokrat terhadap Prabowo-Hatta.

Secara keseluruhan suara pemilih Demokrat terhadap Prabowo-Hatta diperkirakan sebesar 50 persen, sedangkan dukungan kepada Jokowi-JK sebesar 33,8 persen.

“Pemilih Demokrat kini lebih banyak memilih Prabowo-Hatta, meski Partai Demokrat masih menyatakan netral di tingkat DPP, tapi di tingkat Fraksi DPR RI dan individu pengurus Demokrat mayoritas ke Prabowo-Hatta,” kata  Qodari.