Beranda Ruwa Jurai Lampung Tengah Empat Puskesmas di Lamteng Siap Ikuti Penilaian Akreditasi

Empat Puskesmas di Lamteng Siap Ikuti Penilaian Akreditasi

321
BERBAGI
Bupati Mustafa menyosialisasikan program ambulans gratis kepada warga di beberapa desa di Lampung Tengah, Sabtu malam hingga Minggu dini hari (4-5 Februari 2017).

TERASLAMPUNG.COM — Dinas Kesehatan Lampung Tengah menargetkan empat puskesmas di Lamteng yang ikut penilaian akreditasi bisa meraih akreditasi terbaik.

“Banyak persiapan yang telah ia lakukan. Seperti meningkatan kesiapan sumber daya manusianya (SDM). Sarana dan prasarananya serta kelengkapan dokumen-dokumen kesehatan, baik SOP, protap dan sebagainya,” kata Kadis Kesehatan Lamteng, Hairul Anam, Jumat (11/8/2017).

Menurut Anam, empat puskesmas yang akan ikut penilaian akreditasi adalah Puskesmas Kotagajah, Puskesmas Gunungsugih, Puskesmas Bina Karya Utama Kecamatan Putra Rumbia, dan  Puskesmas Sriwijaya Mataram, Kecamatan Bandarmataram.

Dari empat puskesmas tersebut tiga diantaranya merupakan puskesmas rawat inap dan satu puskesmas rawat jalan, yakni Puskesmas Gunungsugih.

Bagi puskesmas yang mengikuti akreditasi juga telah mendapatkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) nonfisik dari pusat.

“Peningkatan akreditasi ini untuk memberikan pasien rasa nyaman, selamat dan pelayanan yang terbaik. Saya optimis kita bisa mendapatkan akreditasi paripurna tersebut,” kata Anam.

Menurut Anam, di Lamteng saat ini terdapat 38 puskesmas. Perinciannya: 10 puskesmas rawat inap dan 28 puskesmas rawat jalan.

“Kemudian ada juga tim pendamping puskesmas sebanyak 10 tim,” katanya.

Anam mengatakan, dari 38 puskesmas yang ada di Lamteng, rata-rata status akreditasinya sudah madya atau level 2. Hanya ada 1 yang masih berstatus dasar. Yakni Puskesmas Kalirejo.

Pada tahun 2017 ini ada 10 puskesmas yang mengikuti akreditasi.

“Target kami seluruh puskesmas di Lamteng dapat terakreditasi paripurna. Sehingga masyarakat senang karena mendapatkan pelayanan yang terbaik dengan didukung fasilitas yang lengkap, “tuturnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya akreditasi ini kedepan masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang terbaik, para tenaga kesehatan juga menjadi bangga dengan memberikan pelayanan yang terbaik serta mendapatkan keamanan baik pasien maupun petugasnya. Karena jika puskesmas tidak terakreditasi maka BPJS tidak mau bekerjasama.

Selain puskesmas, November mendatang Rumah SakitUmum Daerah Demang Sepulau Raya (RSUD DSR) juga akan mengikuti akreditasi paripurna.

Kadis Kesehatan menghimbau agar seluruh puskesmas di Lamteng dapat terus menggeliatkan proses akreditasi ini sehingga target Pemkab Lamteng bahwa seluruh puskesmas terakreditasi di tahun 2019 dapat tercapai.

Bupati Lampung Tengah Mustafa berharap target akreditasi paripurna di 4 puskesmas di Lampung Tengah dapat tercapai. Di sektor kesehatan sendiri, pemkab Lampung Tengah terus berbenah.

“Di sektor kesehatan kita terus berbenah. Mulai dari tingkat bawah, puskesdes, puskesmas hingga rumah sakit, semua terus kita benahi dan terus kita tingkatkan pelayanan. Mudah-mudahan apa yang menjadi langkah kami bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” kata Mustafa.