Empat Tahun Terhenti, Pemkab Lampura Kembali Upayakan Bantu Rumah Ibadah

  • Bagikan
Kantor Pemkab Lampung Utara (Foto: © Teraslampung.com)
Kantor Pemkab Lampung Utara (Foto: © Teraslampung.com)

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Setelah selama empat tahun terakhir tidak memberikan bantuan karena alasan keterbatasan anggaran,  pada 2021 Pemkab Lampung Utara berupaya untuk dapat memberikan bantuan pada rumah ibadah.

‎”Kami masih berupaya agar bantuan untuk rumah ibadah dapat terealisai pada anggaran perubahan tahun ini,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Utara, Bambang Hadiansyah, Senin (13/9/2021).

‎Ia mengatakan, bantuan untuk rumah ibadah telah lama terhenti sejak tahun 2017 silam. Kemampuan anggaranlah yang membuat bantuan itu tak dapat direalisasikan.

“Di tahun 2017 memang ada beberapa rumah ibadah yang sempat mendapat bantuan, tapi rumah ibadah lainnya tidak karena keterbatasan anggaran kala itu,” jelasnya.

Adapun rumah ibadah yang direncanakan akan mendapat bantuan tersebut pada tahun ini berjumlah ‎134 unit. Itu terdiri dari masjid, gereja, pura, dan wihara. Besaran bantuan yang akan diterima tergantung dari pertimbangan Tim Anggaran Pemerintah Daerah.

“Berdasarkan pengalaman sebelumnya, besar bantuan maksimalnya hanya Rp5 juta,” terang dia.

Bambang mengatakan, setiap pengurus rumah ibadah yang mendapatkan bantuan akan dimintai laporan pertanggungjawaban. Laporan itu berupa realisasi penggunaan bantuan tersebut di lapangan.

“Mereka yang menerima bantuan itu biasanya mereka yang sudah mengajukan permohonan bantuan setahun sebelumnya,” katanya.

  • Bagikan