Beranda Hukum Kriminal Enam Perampok Bersenjata Api Satroni Alfamart Gang PU Bandarlampung

Enam Perampok Bersenjata Api Satroni Alfamart Gang PU Bandarlampung

79
BERBAGI
Alfamart Gang PU Bandarlampung

Zainal Asikin|teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Aksi kawanan perampok bertopeng menggunakan senjata api menyatroni Alfamart di Jalan Pagar Alam Gang PU, pada Rabu (27/7/2016) malam sekitar pukul 22.30 WIB. Dari dalam toko wiralaba tersebut, para perampok menggasak beberapa rokok dan barang lainya serta uang dengan kerugian senilai Rp 35 juta.

Maya, kepala toko Alfamart, mengatakan aksi perampokan tersebut terjadi saat ia bersama keempat rekannya akan menutup toko Alfamart. Berselang taklama kemudian, datang lima orang memakai topi dan masker bercelana jeans pendek masuk ke dalam toko dengan menenteng pistol.

“Kelima perampok ini bawa pistol, saat masuk kedalam toko para pelaku langsung menodongkan pistol dan mereka keluar masuk toko dengan bergantian,”ujarnya kepada teraslampung.com, Sabtu sore (30/7/2016).

Menurutnya, selain membawa senjata api, para perampok itu juga membawa tabung gas tiga kilo gram (kg) dan  alat las.

“Para pelaku, sempat menyekap pegawainya di dalam gudang dan dipukul kepalanya pakai pistol,”ujarnya.

Selain kelima pelaku, kata Maya, ada salah satu pelaku lagi yang berada di luar toko. Pelaku tersebut, menunggu di dalam mobil Avanza warna hitam.

“Kami semua karyawan toko hanya bisa pasrah dan terdiam, lihat para perampok itu bawa pistol karena takut ditembak,”ucapnya.

Dikatakannya, para perampok tersebut, mengambil uang yang ada didalam brankas senilai Rp 17 juta,  makanan ringan, sampo, sikat gigi, celana dalam dan barang lainnya.

“Barang-barang itu senilai Rp 18 juta. Jadi kerugian totalnya sekitar  Rp 35 juta. Kejadian ini, sudah dilaporkan ke Mapolsekta Tanjungkarang Barat,”terangnya.

Arbi, salah satu pegawai Alfamart, menuturkan selain mengambil uang dari dalam brankas, para perampok bersenjata api itu juga sempat mengincar mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BRI.

“Tapi mereka (pelaku) tidak jadi untuk mengambil uang di dalam mesin ATM, karena kondisi mesinnya lagi rusak sejak beberapa hari lalu,”ucapnya.

Ia menambahkan, sebelumnya bahwa Alfamart tempatnya bekerja ini, sudah beberapakali menjadi sasaran kawan pencuri dan kali ini jadi sasaran kawanan perampok bersenjata api.

Diketahui, toko wiralaba Alfamart yang berada di Jalan Pagar Alam Gang PU ini, sudah beberapa kali menjadi sasaran pencurian. Sebelumnya pada Desember 2013 lalu, kawanan pencuri mengasak uang jutaan rupiah yang ada didalam brankas.

Selanjutnya pada Rabu 26 Maret 2014 lalu, kembali terjadi pencurian.
Dari dalam Alfamart ini, kawanan pencuri kembali berhasil menggondol uang sebesar Rp 7 juta dari dalam brankas dan membawa beberapa bungkus rokok berbagai merk.

Dari dua kali aksi pencurian tersebut, kawanan pencuri masuk kedalam Alfamart tidak merusak apapun dan dengan modus yang sama. Dugaannya, pelaku masuk kedalam Alfamart menggunakan kunci duplikat. Ini dikarenakan, tidak ada yang dirusak oleh kawanan pencuri.