Beranda News Jiran Sumatera Enam Titik di Jalur Kelok 44 Rawan Longsor

Enam Titik di Jalur Kelok 44 Rawan Longsor

188
BERBAGI
Salah satu titik rawan longsor di Agam. (sumber: sumbarsatu.com

AGAM, Teraslampung.com– Masyarakat pengguna kendaraan bermotor yang melewati Kelok 44 pada dua Kecamatan, Tanjung Raya dan Matur, Kabupaten Agam, diminta mewaspadai sekitar enam titik yang dinilai rawan longsor pada jalur tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Agam, didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik, Rinaldi, Kamis (27/11/2014) mengatakan, ada sejumlah titik yang dinilai rawan longsor apabila curah hujan cukup tinggi di jalur Kelok 44, yaitu Kelok 11, Kelok 20, Kelok 23, Kelok 24, Kelok 25, dan Kelok 40.

“Pada sejumlah titik itu tanahnya cukup labil dan tingkat kemiringan tebing membahayakan jika terjadi hujan yang cukup lebat. Kita mengimbau kepada pengendara roda empat maupun roda dua untuk peningkatkan kewaspadaan apabila melalui jalur itu,” katanya.

Ia menjelaskan, Kelok 44 biasanya cukup padat, apalagi pada akhir pekan. Jalur tersebut merupkan akses utama yang dijadikan masyarakat yang tinggal di Agam Barat, Pasaman Barat, sebagian Padang Pariaman menuju Kota Bukittinggi. Pihaknya cukup khawatir apabila terjadi cuaca buruk saat arus kendaraan cukup padat.

“Sejumlah kelok berpotensi rawan longsor oleh sebab itu kita berharap pengendara berhati hati. Hujan lebat yang terjadi pada Rabu kemarin sempat menyebabkan longsor pada jalur Kelok 11, namun material longsor sudah dibersihkan dan arus lalu lintas sudah berjalan dengan normal,” jelasnya.

Dikatakan Bambang dengan kewaspadaan yang lebih pihaknnya berharap bisa menekan risiko jatuhnya korban. Sehari sebelumnya tepatnya pada Selasa juga terjadi longsor yang sempat memutus arus lulu lintas Bukittinggi-Agam, tetapi sudah berada di luar jalur Kelok 44.

“Pada prinsipnya kita menginginkan masyarakat waspada, sehingga mereka bisa lebih berhati-hati melewati beberapa titik jalur Kelok 44 yang tergolong rawan longsor,” ungkapnya.

Sumber: sumbarsatu.com