Beranda BOLA Euro Euro 2016, Empat Timnas Tatap Juara

Euro 2016, Empat Timnas Tatap Juara

386
BERBAGI
Ashley Williams melakukan selebrasi usai menjebol gawang Belgia. (Foto: yettyimages)

TERASLAMPUNG.COM — Dengan melajunya Prancis ke semi final Piala Eropa 2016, Senin (4/7) pagi WIB, maka lengkap sudah empat besar timnas turnamen terbaik antarnegara Eropa ini. Prancis melengkapi slot ini setelah menang 5-2 dari Islandia pada babak perempat final.

Tiga timnas lainnya adalah Polandia, Wales, dan Jerman. Berdasarkan jadwal yang telah disusun Polandia akan bertemu Wales, Prancis siap menantang Jerman. Kondisi ini sekaligus menggambarkan tiga tim favorit berhasil melaju, dengan Wales sebagai timnas kejutan.

Meski baru akan menjalani fase ini, keempat skuad tidak sekadar ingin melaju ke final, namun sekaligus bertekad merengkuh gelar juara. Hal yang memang memanaskan sebuah event sepakbola sebesar Euro ini.

Portugal melawan Wales akan digelar di Stade de Lyon, Kamis (7/7) dinihari WIB. Tidak pelak lagi, sorotan tertuju pada adu tajam antara dua bintang Real Madrid, yakni Cristiano Ronaldo (Portugal) dan Gareth Bale (Wales).

Ronaldo baru mencetak dua gol. Keberuntungan menaungi pasukan Fernando Santos. Padahal, hanya meraih satu kemenangan, namun Selecao das Quinas mampu menjaga peluang meraih trofi.

Bale berperan besar dalam jejak Wales mencetak sejarah. Pemain termahal dunia ini menyumbang tiga gol untuk The Dragons menggoreskan tinta emas ke semi final untuk pertama kalinya.

Bale membuat Wales yang merupakan timnas debutan demikian menggelegak. Ambil contoh, saat skuad Chris Coleman ini menyingkirkan Belgia 3-1 pada perempat final.

Para pemain Portugal merayakan kemenangan usai menaklukkan Polandia 5-3 lewat adu penalti. (Foto dok  AP).
Para pemain Portugal merayakan kemenangan usai menaklukkan Polandia 5-3 lewat adu penalti. (Foto dok AP).

Jadi, misi khusus diemban dua striker ini. Ronaldo ingin membuktikan kapasitasnya sebagai pemain terbaik dunia, tentu saja dengan golnya. Bale siap meneruskan dongeng indah negaranya ke partai puncak di Stade de France, Senin (11/7).

Sementara penampilan Jerman dan Prancis sepanjang Euro ini sangat mengesankan. Tidak salah jika orang menyebut inilah ‘final’ sesungguhnya. Prancis punya soliditas tinggi dan Jerman bermental juara. Jadi, kita masih akan menyaksikan duel terbaik di ajang ini.

Jika bicara ketajaman lini depan, Prancis lebih unggul. Antoine Griezmann telah mencetak tiga gol dan Dimitri Payet tiga. Belum lagi, Olivier Giroud dan Paul Pogba yang juga sosok mengerikan di depan mistar gawang lawan.

Jerman yang masih ditopang skuad yang memenangkan Piala Dunia 2014 bisa dibilang kualitas para pemainnya di atas rata-rata. Hal ini dibuktikan sepanjang laga, khususnya sampai menang adu penalti melawan Italia.

Prancis versus Jerman akan digelar sehari setelah laga Portugal dengan Wales. Di Stade de Velodrome, Marseille, Jumat (8/6) dinihari WIB.

Ayid Suyitno PS

Loading...