Beranda BOLA Euro 2016: Kalahkan Wales 2-0, Portugal Melaju ke Final

Euro 2016: Kalahkan Wales 2-0, Portugal Melaju ke Final

279
BERBAGI
Sundulan keras Cristiano Ronaldo pada menit ke-50 membuat Portugal unggul 1-0. Beberapa menit kemudian Nani melengkapi kemenangan Portugal sehingga skor 2-0 untuk Portugal. (Foto: Indiana Express)

TERASLAMPUNG.COM — Portugal melenggang ke final Euro 2016 setelah mengalahkan tim spektakuler yang penuh kejutan, Wales,dengan skor  2-0, Kamis dini hari WIB (7/7/2016).  Ronaldo dkk selanjutnya akan menghadapi pemenang laga Prancis-Jerman di final.

Dua bintag Seleccao  menjadi penentu kemenangan Portugal, yakni Cristiano Ronaldo dan Luis Nani. Keduanya mencetak gol hanya dalam selisih waktu beberapa menit. Ronaldo menjebol gawang dengan tandukan kepalanya yang kecepatannya seperti sebuah tendangan bebas pada menit ke-50. Nani memperbesar kemenangan Portugal pada menit ke-53.

Akumulasi kartu kuning saat melawang Belgia sepertinya membuat kubu Wales kurang daya. Tanpa kehadiran Aaron Ramsey, pelatih Chris Coleman menerapkan formasi 5-3-2. Pada babak pertama Coleman berusaha menginstruksikan anak asuhnya menyerang sembari memperkuat barisan pertahanan.

Gareth Bale yang diandalkan di barisan depan diberi kebebasan untuk berimprovisasi ke segala lini. Ia sepertinya diplot sebagai pemain jangkar sekaligus pendobrak pertahanan lawan. Namun, kuatnya pertahanan Portugal dan kemampuan individu para pemain Portugal membuat Wales kepayahan. Pertahanan Portugas sulit ditembus. Sebaliknya, beberapa kali gawang Wales teracam.

Lini tengah Portugal sangat solid. Meski begitu, beberapa kali serangan balik Wales mengancam gawang Portugal. Sebaliknya, Portugal yang lebih banyak menguasai bola juga tidak mampu menciptakan gol hingga babak pertama berakhir.

Kondisi berubah pada paro awal babak kedua. Pada menit ke-50, Ronaldo berhasil menyarangkan bola ke gawang Wales setelah memanfatkan umpan lambung sepak pojok Guerrero. Bola melambung yang disundul keras Ronaldo gagal dijinakkan penjawa gawang Wales, Wayne Hennessey. Gol cantik itu menasbihkan Ronaldo setara dengan Michel Platini, yakni sama-sama menciptakan sembilan gol dalam even Piala Euro.

Tiga menit kemudian, Ronaldo kembali berperan, dengan memberikan umpan bola yang presisi kepada Nani yang kemudian dieksekusi Nani sehingga menambah gol bagi Portugal.