Eva Dwiana Optimistis Pasar Tani Kemiling Terpilih sebagai Pasar Tradisional Terbaik Nasional

  • Bagikan
Walikota Eva Dwiana sedang berbincang dengan pedagang ikan laut di Pasar Tani.
Walikota Eva Dwiana sedang berbincang dengan pedagang ikan laut di Pasar Tani.

TERASLAMPUNG.COM — Walikota Bandarlampung Eva Dwiana optimistis  Pasar Tani di Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Kemiling, meraih penghargaan nasional terbaik sebagai pasar tradisional yang sehat dan aman dari bahan berbahaya.

“Alhamdulillah hari ini saya dan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) meninjau Pasar Tani yang sudah masuk 5 besar pasar tradisional yang aman dari bahan berbahaya,” katanya usai meninjau Pasar Tani, Kamis (25/3/2021).

“Saya optimistis Pasar Tani bisa menyusul Pasar Way Halim yang tahun lalu menjadi juara,” tambahnya.

Selain itu, dengan adanya penilaian ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para pedagang di Pasar Tani itu, sedangkan Pemkot akan terus melakukan edukasi ke para pedagang.

“Kami (Pemkot) akan terus memberikan edukasi ke pedagang agar menjaga kesehatan di lokasi dagangannya serta jangan menjual bahan makanan yang mengandung bahan berbahaya,” ujar Walikota Eva Dwiana.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Tapis Berseri Edy Gulvari menjelaskan nominasi sebagai pasar tradisional yang aman dari bahan berbahaya untuk tingkat nasional itu berdasarkan ajuan dari BBPOM Lampung.

“Kami sebagai pengelola Pasar Tani tahunya dari BBPOM Lampung yang mengajukan pasar itu sebagai pasar yang aman dari bahan berbahaya dan kami juga diinformasikan kalau masuk lima besar. Ini sebuah kebanggaan buat kami,” katanya.

Pasar yang hanya buka di hari Kamis dan Minggu itu menurut Edy Gulvary hanya menjual sembilan bahan pokok saja (sembako)

“Di sana ada 250 pedagang yang menjual sembako jadi saya pikir aman lah dari bahan yang berbahaya bagi manusia. Harapan kita prestasinya sama dengan Pasar Way Halim yang tahun lalu meraih penghargaan nasional,” ujarnya.

PD Pasar Tapis Berseri, perusahaan milik Pemkot Bandarlampung itu saat ini mengelola enam pasar yaitu Pasar Gintung, Tamin, Pasar Perumnas Way Halim, Perumnas Way Kandis, Tani dan Pasar Korpri.

Dandy Ibrahim

 

stelah konten
  • Bagikan