Beranda Seni Film Festival Internasional 15th Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) akan Digelar di Lampung

Festival Internasional 15th Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) akan Digelar di Lampung

149
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM–Klub Nonton secara resmi ditunjuk sebagai komunitas penyelenggara Festival Internasional 15th Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) yang akan dihelat di Lampung pada 26-28 November mendatang.

JAFF merupakan festival film terbesar di Indonesia yang telah menjadi barometer perkembangan film Asia. Sejak 2006, berawal dari Yogyakarta, festival ini menghadirkan sinema dari negara-negara di Asia, khususnya Indonesia. Dalam penyelenggaraannya, JAFF bekerja sama dengan NETPAC (Jaringan untuk Promosi Sinema Asia), organisasi yang berpusat di Sri Lanka yang menghubungkan para kritikus, pembuat film, kurator, penyelenggara festival, exhibitor, dan pemerhati film dari 30 negara di Asia.

Tahun ini, Lampung mendapat kehormatan menjadi salah satu dari 15 kota penyelenggara acara festival film internasional ini. Dengan tajuk “15th JAFF Community Forum Lampung”, kegiatan yang akan diselenggarakan meliputi Eksebisi Film, Forum Komunitas, dan Community Expo yang akan melibatkan penggiat dan penikmat film di Lampung.

Beberapa film terpilih dari total ratusan film yang ikut serta dari seluruh penjuru benua Asia akan ditayangkan dengan kuota terbatas. Jumlah penonton dibatasi 50 orang per film, yang akan ditayangkan selama tiga hari kegiatan di Gedung Dewan Kesenian Lampung, Kompleks PKOR, Way Halim, Bandar Lampung.

Nada Bonang selaku Festival Director untuk 15th JAFF Community Forum Lampung menyatakan, dengan dipilihnya Lampung sebagai salah satu provinsi untuk perhelatan 15th JAFF Community Forum ini, berarti Lampung mulai dilihat sebagai salah satu provinsi yang aktif dalam berkegiatan film.

“Semoga dengan begini, jaringan perfilman di Lampung akan semakin meluas, sineas Lampung semakin kaya wawasan, dan yang paling penting kompak untuk memajukan perfilman Lampung”, ujar Nada.

Selain Eksibisi Film, gelaran ini juga mengadakan program Community Forum. Forum ini bertujuan untuk mempertemukan komunitas film di daerah sehingga mereka mampu bertukar pikiran mengenai film dan keadaan komunitas film di daerahnya.

Bagi komunitas yang ingin ikut, cukup mendaftar melalui link https://s.id/ForkomJAFF15Lampung.

Kegiatan ini akan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesetahan COVID-19.

Jadi bagi para penggiat dan penikmat film di Lampung, ikuti terus update JAFF di www.jaff-filmfest.org atau ikuti IG @klub.nonton.