Beranda Ruwa Jurai Lampung Barat Festival Kopi Lambar 2019, Ini Harapan Arinal Djunaidi dan Parosil Mabsus

Festival Kopi Lambar 2019, Ini Harapan Arinal Djunaidi dan Parosil Mabsus

125
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menggelar Festival Kopi Lampung Barat 2019 di Pekon (Desa) Rigis Jaya, Kecamatan Air Hitam, Selasa, 9 Juli 2019. Acara yang dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi itu ditandai dengan petik kopi yang dilakukan Gubernur Arinal Djunaidi, Ketua  MPR RI Zulkifli Hasan, dan Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus.

Gubernur Arinal Djunaidi mengungkapkan apresiasianya kepada Pemkab Lampung Barat yang telah menggelar Festival Kopi.

“Pemerintah Provinsi Lampung sangat mengapresiasi kegiatan ini. Saya berharap kegiatan ini dapat selalu terlaksana setiap tahunnya. Apa lagi kopi merupakan hasil unggul dari Lampung Barat. Diharapkan masyarakat dapat terbantu dari segi ekonomi jika ekonomi sudah terbantu maka akan terwujud visi Lampung Rakyat Lampung berjaya,” kata Arinal.

Menurut Arinal,  Festival Kopi bisa menjadi salah satu sarana untuk mewujudkan salah satu misi Pemprov Lampung, yaitu membangun kekuatan ekonomi masyarakat berbasis pertanian dan wilayah perdesaan yang seimbang dengan wilayah perkotaan,.

“Jika kopi ada di kawasan hutan rakyat tentunya akan lebih baik produksinya. Mari kita bersama untuk mengatasi masalah-masalah kopi karena kedepan kita akan upayakan harga kopi dan kualitas meningkat, pengusaha mendapatkan keuntungan dan rakyat dapat sejahtera,” katanya,

Bupati Parosil Mabsus berharap Festival Kopi bisa menjadi momen silaturahmi bagi Pemerintah Provinsi Lampung, Pemkot, dan Pemkab se-Lampung.

Menurut Parosil, Festival Kopi Lampung Barat 2019 mengusung tema “Indonesia Negeriku Lampung Barat Kopiku”.

“Tema ini bertujuan untuk mempromosikan kopi robusta Lampung kepada masyarakat nusantara dan internasional, dengan menghadirkan berbagai varian single origin dari seluruh Indonesia yang akan diwakili oleh petani atau pekebun dari masing-masing daerah. Momen ini juga untuk meningkatkan pengetahuan tentang kopi serta industrinya serta meningkatkan partisipasi masyarakat khususnya pada generasi muda agar bangga dan mencintai kopi Indonesia,” kata Parosil.

Pada Festival Kopi 2019 digelar beberapa kegiatan. Antara lain coaching clinic, camping barista coffee, bincang barista Lampung Barat, eksplorasi wisata kopi, fun brewing , pasar kopi, dan kuliner.

“Kami berharap semua itu bisa menjadikan kopi robusta Lampung sebagai salah satu kekuatan inti (core business) perekonomian daerah yang secara alami mempunyai prospek tidak hanya dalam skala lokal dan regional, mampu bersaing dalam skala nasional maupun internasional,” Parosil menandaskan.

Di sela-sela acara Festival Kopi, diselenggarakan pelantikan pengurus Dewan Kopi Lampung oleh Ketua Dewan Kopi Indonesia, Anton Apriantono.

Pelantikan juga diwarnai dengan penyerahan buku Ngupi Pay karya Zulkarnain zubairi kepada Gubernur, Bupati Lampung Barat, dan Ketua MPR RI.

Loading...