Beranda News Pusiban Festival Layang-Layang di Lampung Diikuti Puluhan Peserta dari Empat Negara

Festival Layang-Layang di Lampung Diikuti Puluhan Peserta dari Empat Negara

241
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Sebanyak 400 layang-layang dari berbagai macam bentuk dan ukuran, mulai pagi hingga sore hari menghiasi langit Kota Bandarlampung, Minggu (3/12/2017). Layang-layang yang diterbangkan dari Lapangan Korpri Kompleks Pemprov Lampung itu merupakan peserta Festival Layang-Layang perayaan puncak Hari Bakti PU ke-72.

Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lampung, Yudi Aryanto, mengatakan, pada festival layang-layang kali ini ada 75 layangan berukuran besar berjuluk ‘delta yang juga ikut diterbangkan secara bersamaan.

“Layang-layang berukuran besar tersebut, merupakan milik penghobi layangan mancanegara dan lokal, seperti dari Swedia, Kanada, Malaysia, India, hingga Bali. Ada puluhan peserta dengan ratusan layang-layang yang diterbangkan pada perhelatan ini,” kata Yudi, di Lapangan Korpri, Pemprov Lampung.

Untuk itu, dengan adanya festival layang-layang kali ini, diharapkan juga dapat ikut mensukseskan program pemerintah dalam sektor kepariwisataan.

Khusus di Provinsi Lampung sendiri, kata Yudi, para penghobi dan minat masyarakat akan layang-layang sudah cukup membaik. Kendati demikian, pihaknya akan mencoba menjadikan festival ini sebagai acara rutin setiap tahunnya.

“Komunitas layangan semakin banyak, terlebih lagi ketua layang-layang Indonesia adalah Anshori Djausal. Kedepannya kita gelar event ini setiap tahun di kota-kota seluruh Indonesia, termasuk mancanegara,” jelas Yudi.

Sebelumnya, pada perayaan Hari Bakti PU ke-72, Dinas PUPR Lampung juga sudah menggelar workshop pembuatan layang-layang untuk anak usia dini, TK, SD, hingga SMP, di Kantor PUPR setempat. Dan perhelatan event layang-layang kali ini, secara langsung diselenggarakan oleh Museum Layang-layang Indonesia, Jakarta.

Loading...