Festival Teater Pelajar UM: Teater Jendela SMPN 8 Malang Tampil Rileks

  • Bagikan

Aan Frimadona Rosa

Penampilan Teater Jendela SMPN 8 Malang, Selasa (21/10).

MALANG, Teraslampung.com–Tujuh bidadari turun ke bumi dengan riang. Mereka bermain di sebuah telaga. Karena terlalu asyik, tanpa disadari salah satu selendang dari salah satu putri tertinggal dan ditemukan seorang pemuda.

Kebaikan pemuda untuk mengembalikan selendang salah satu bidadari, menjadikan bidadari itu jatuh hati.  Sayangnya, pemuda itu telah memiliki istri dan anak hingga putri terbang ke langit penuh dengan kecewa. Pemuda itu hanya mampu meratapinya.

Itulah penggalan kisah dalam naskah cerita rakyat Jawa Timur “Jaka Tarub” yang diadaptasi oleh kelompok Teater Jendela SMPN 8 Kota Malang menjadi lakon “Penerimaan”. Para pelajar SMP memainkan naskah cerita rakyat. Pementasan digelar dengan rileks dan menghibur penonton.

Dengan setting ruang yang minimalis dan konsep pencahayaan yang didominasi warna tata lampu kekuningan, menjadikan mata lelah akan referensi pencahayaan. Di sisi lain, musik yang tak rampak dalam mendukung latar  ceritera dan suasana, menjadikan ketidakaturan setiap pergantian babak.

Walaupun masih ada kesan naskah teater digarap secara tidak rapi, tetapi para pemain Teater Jendela mampu menutupi dengan kerileksan dalam bermain. Mereka bermain wajar, sehingga penonton dapat menikmati cerita hingga ending pementasan.

Menurut Teguh Sudarmawan, guru asal Pemalang yang menonton pementasan tersebut, dirinya bisa larut dalam penampilan pelajar SMPN 8 Malang.

Terkait dengan even festival yang melibatkan siswa SMP dan SMA, Teguh menilai ajang tersebut sangat baik untuk dijadikan sarana pembinaan pendidikan budaya bagi para siswa.

“Anak-anak berekpresi dengan bebas dan berani. Mereka berkarya dan  memiliki kreativitas. Mereka bisa bergembira yang tanpa disadari mereka belajar dari nilai-nilai ceritera rakyat yang positif, dan yang jelas saya terhibur,” kata Teguh.

Teater Jendela SMPN 8 Malang merupakan kelompok teater yang mendapatkan giliran terakhir pada hari pertama (Selasa, 21/10) dalam Festival Teater SMP ke IV se-Jawa Timur yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dalam rangka bulan bahasa dan sastra tahun 2014.

Pada hari kedua akan menampilkan lima kelompok teater yakni Teatet Altar Piran SMPN 1 Panji Situbondo,Teater Cahaya SMP PGRI Bululawang, Teater KKSD SMPN 2 Donomulyo,Teater Spensus SMPN 1 Sukorejo dan Teater Pesona MTs Muhamadiyah 1 Malang.

Baca Juga: Hima Sastra Indonesia UM Gelar Festival Teater Pelajar Se-Jatim

  • Bagikan