Festival Way Kambas 2016, Macet Parah 20 Km di Depan Gerbang TNWK

  • Bagikan
Kemacetan parah di jalan menuju lokasi Festival Way Kambas, Pusat Konservasi Gajah Taman Nasional Way Kambas.

TERASLAMPUNG.COM — Kemacetan sepanjang 20 km terjadi di pintu gerbang Taman Nasional Way Kambas (TNWK) pada Minggu, 13 November 2016, akibat membludaknya jumlah pengunjung yang ingin menyaksikan penutupan Festival Way Kambas ke-16.

Kemacetan mulai terjadi sejak pukul 10.00 wib. Tingkat mobilitas kendaraan yang masuk dari gerbang patung gajah di Labuhan Ratu, mendadak tinggi. Laju kendaraan melambat, karena sopir ekstra hati hati. Ruas jalan yang hanya empat meter tak mampu menampung lonjakan kendaraan.

“Arus yang lambat tak sebanding dengan jumlah kendaraan yang masuk ke jalan menuju Taman Nasional Way Kambas,” kata Kapolres Lampung Timur, AKBP Harseno, yang sedang berada di lokasi.

Situasi semakin runyam ketika arus kendaran yang masuk dari pintu gerbanf Labuhan Ratu VI menjejal ke jalur utama. Kemacetan pun tak bisa dihindar.

Di pos I TNWK, petugas polisi mulai memecah arus kendaraan, mengalihkan ke jalur lain. Tapi, saat bersamaan arus kendaraan dari arah TNWK keluar dan terjadi stagnasi.

“Ini di luar perkiraan. Arus kendaraan yang masuk ke TNWK sudah memenuhi semua kantong parkir, tapi masih banyak kendaraan yang belum bisa masuk, ” kata Kapolres.

Para pengunjung TNWK kecewa dengan kondisi kemacetan. Mereka terpaksa memutar balik, batal masuk ke TNWK.

Kemacetan belum bisa diurai hingga pukul 16.00 wib. Kemacetan justru semakin parah ketika pengunjung yang sudah masuk ke TNWK ingin pulang.

Budi Hutasuhut

  • Bagikan