Beranda Teras Berita Festival Way Kambas Minim Promosi

Festival Way Kambas Minim Promosi

505
BERBAGI

Mashuri Abdullah/Teraslampung

SUKADANA—Penyelenggaraan Festival Way Kambas belum berubah. Tahun ini, perhelatan yang diagendakan Pemkab Lampung Timur pada 26-29 Agustus 2014, minim publikasi.  Sangat sedikit media kampanye yang dipakai untuk menyosialisasikan agenda tahunan ini.

Jangankan masyarakat luar, warga Lampung Timur pun  kurang mengetahui adanya rencana kegiatan ini. Padahal, Festival Way Kambas merupakan sarana Pemkab untuk mempromosikan pariwisata dan budaya yang ada di Lamtim.

Festival Way Kambas kali ini adalah yang untuk keempatbelas kalinya dilakukan.  Berbeda dari biasanya, festival kali ini dipusatkan di Islamic Centre di Sukadana.  Padahal sebelumnya kegiatannya dipusatkan di pusat latihan gajah (PLG) Taman Nasional Way Kambas (TNWK).  Tampaknya Pemkab Lamtim ingin menunjukkan event tahunan ini adalah agenda mereka, bukan milik Balai TNWK.

Menurut Sauji, sekretaris Forum Komunikasi Surat Kabar Mingguan Lamtim, seharusnya pemkab gencar berpromosi untuk mendatangkan wisatawan mengunjungi Lamtim.

“Spanduk, poster dan alat kampanye lainnya sangat sedikit dipasang. Panitia juga seharusnya gencar kampanye di luar Lamtim, baik melalui poster-poster maupun iklan media. Kalau seperti ini, saya rasa tujuan promosi wisata Lamtim lewat festival ini tidak akan tercapai,” kata Sauji.

Panitia  Festival Way Kambas 2014 mengagendakan beberapa acara sepanjang pelaksanaan festival ini. Festival kuda lumping dijadwalkan hari Selasa pagi (26/8), dan sore harinya diadakan atraksi gajah.  Sedangkan malam harinya diagendakan seremonial pembukaan oleh Bupati, yang dilanjutkan dengan gelaran seni budaya daerah dan hiburan artis ibukota.

Esoknya, Rabu (27/8), terdapat kegiatan festival balaganjur dan pentas seni budaya daerah.  Sementara Kamis (28/8), ada acara fun bike, lomba lagu pop daerah dan pentas seni budaya daerah Lampung. Di hari terakhir, Jum’at (29/8), digelar festival band, pentas seni budaya, dan upacara penutupan.

Selain minimnya promosi, Festival Way Kambas juga dihadapkan pada kendala minimnya fasilitas penginapan di Lamtim. Di Lampung Timur saat ini hanya ada sekitar 10 hotel kelas melati dan wisma. Itu pun semuanya tidak ada yang di Sukadana, ibukota kabupaten.

Loading...