Beranda Budaya Pentas Film Abad Kejayaan: Baginda Suleiman, Raja yang Membenci Anaknya Sendiri (1)

Film Abad Kejayaan: Baginda Suleiman, Raja yang Membenci Anaknya Sendiri (1)

153
BERBAGI
Film Abad Kejayaan (ilustrasi)

FILM “Abad Kejayaan” yang kini tayang di sebuah televisi swasta di Indonesia terus menjadi perbincangan publik. Iniah film panjang yang berkualitas lumayan bagus karena penggarapan semua elemennya dilakukan dengan cermat. Plot yang mengalir berkelindan dengan beberapa suspens memikat. Musik yang digarap secara apik mampu menggambarkan suasana dan mendukung suspens yang ingin ditonjolkan.

Film ini pada dasarnya berkutat pada dua hal. Pertama, kelindan aneka konflik yang bermuara pada upaya meraih kekuasaan. Kedua, perang dan perang yang digambarkan sebagai upaya Baginda Suleiman untuk memperkokoh dirinya sebagai penguasa di Kerajaan Ottoman sekaligus membangun Ottoman sebagai pusat dunia.

Sepeninggalan Ibu Suri, konflik di istana, dikendalikan oleh dua kubu. Pertama, kubu Putri Hureem yang bersekutu dengan Rusteem Pasha dan Sumbul Agha. Kedua, kubu Mahidefran-Putri Khadijah-Putri Shah-Lutfi Pasha. Kubu Putri Hureem berjuang keras mengegolkan Pangeran Mehmed untuk menggantikan Baginda Suleimen. Kubu Mahidefran-Putri Khadijah berusaha mengusung Pangeran Mustafa untuk menjadi raja.

Intrik dan  percobaan pembunuhan saling dilakukan kedua kubu. “Hasilnya”, Ibrahim Pasha mati dibunuh karena intrik. Kalau diibaratkan permainan sepakbola, kematian Ibrahim Pasha berarti skor 1-0 untuk kubu Putri Hureem.

Oyos Saroso HN

Loading...