Beranda Teras Berita Film “Hiwang” Tayang Perdana di Taman Budaya Lampung

Film “Hiwang” Tayang Perdana di Taman Budaya Lampung

317
BERBAGI

Isbedy Stiawan ZS/Teraslampung.com

Film “Hiwang” produksi Dewan Kesenian Lampung diluncurkan di di Teater Tertutup Taman Budaya Lampung, Rabu (26/02) pukul 15.00. Peluncuran film bermuatan lokal itu ditandai dengan pemutaran film yang ditonton oleh kalangan seniman dan masyarakat umum.

Film berdurasi 45 menit ini didukung Pemerintah Provinsi Lampung dan para pemain lokal, di antaranya Dedi Guswinto, Natasya Aldiba, Hermansyah GA. Syafariah Widianti.

Hadir pada pemutaran perdana antara lain Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Kadis Kebudyaaan dan Pariwisata Lampung Herlina Warganegara, Kepala Taman Budaya Lampung Yusup Rusman, Direktur dan sutradara Teater Satu Iswadi Pratama, sastrawan Syaiful Irba Tanpaka.

Ch Sapto Wibowo, sekretaris umum DKL mewakili Ketua Umum DKL Syafariah Widianti mengatakan, “Hiwang” adalah film pertama yang 80 persen menggunakan bahasa ibu, yakni Lampumg.

“Hiwang” dalam bahasa Lampung adalah sedih, mengangkat kehidupan manusia yang ada di pulau kecil dan asing. Film ini didukung lebih dari 20 pemain dari anak-anak hingga dewasa. Fillm ini juga berisi potret Lampung, baik keindahan pantai, alam, maupun masyarakatnya.

Dede Safara Wijaya , alumnus sinematografi IKJ yang menyutradarai film ini,mengatakan film berlatar budaya Lampung, lokalitas alam, budaya, dan sosial manusia Lampung ini bisa menjadi cermin bagi semua kalangan di Lampung.

“Lokalitas menjadi penting di tengah zaman modern yang terkadang membuat manusia melupakan nilai-nilai yang menjadi bagian dari dirinya,” kata Dede.

Loading...