Beranda News Internasional Fisikawan Stephen Hakwing Meninggal Dunia

Fisikawan Stephen Hakwing Meninggal Dunia

131
BERBAGI
Stephen Hawking(chemtrailsplanet)
Stephen Hawking(chemtrailsplanet)

TERASLAMPUNG.COM — Fisikiawan terkenal Stephen Hawking (76) meninggal dunia, Rabu (14/3/2017).

Sebelum wafat, Hawking sempat meramal beberapa teknologi dan peradaban dunia di masa depan. Termasuk teknologi kecerdasan buatan atau umum disebut AI (artificial intelligence) yang sedang marak muncul di beberapa teknologi mutahkhir satu dekade belakang.

Pada 2017, meyakini  pada suatu saat AI akan sepenuhnya menjadi “makhluk” yang mengungguli bahkan menggantikan manusia.

“Saya khawatir jika AI akan menggantikan umat manusia. Jika manusia membuat virus komputer, seseorang akan merancang AI untuk memperbaiki dan mereplikasi dirinya,” kata pria bernama lengkap Stephen William Hawking itu, seperti dilaporkan Newsweek.

Wikipedia melansir, karya-karya ilmiah Hawking meliputi kolaborasi bersama Roger Penrose tentang teorema singularitas gravitasi dalam kerangka relativitas umum dan prediksi teori bahwa lubang hitam mengeluarkan radiasi (biasa disebut radiasi Hawking).

Hawking adalah orang pertama yang memaparkan teori kosmologi yang dijelaskan dengan menggabungkan teori relativitas umum dan mekanika kuantum. Ia adalah pendukung interpretasi multidunia mekanika kuantum.

Hawking tercatat sebagai  Anggota Kehormatan Royal Society of Arts (FRSA), anggota seumur hidup Pontifical Academy of Sciences, dan penerima anugerah Presidential Medal of Freedom, penghargaan sipil tertinggi di Amerika Serikat.

Pada tahun 2002, Hawking menempati peringkat 25 dalam jajak pendapat 100 Greatest Britons oleh BBC. Ia menjabat sebagai Guru Besar Matematika Lucasian di Universitas Cambridge pada tahun 1979 sampai 2009.

Hawking mengalami sklerosis lateral amiotrof (ALS) yang lambat, dini, dan langka (juga dikenal sebagai penyakit saraf motorik atau penyakit Lou Gehrig) yang melumpuhkan tubuhnya secara perlahan selama puluhan tahun.

TL/DBS