Beranda Pendidikan FOGIPSI Lampung Kebut Tingkatkan Mutu Guru IPS

FOGIPSI Lampung Kebut Tingkatkan Mutu Guru IPS

580
BERBAGI
Para peserta Rakerwil FOGIPSI Lampung foto bersama usai kegiatan.

TERASLAMPUNG.COM — Rapat Kerja Wilayah I Forum Guru IPS Indonesia (FOGIPSI) Wilayah Lampung digelar di Gedung J FKIP Universitas Lampung, Sabtu (13/5/2017). Dalam Rakorwil itu para peserta sepakat terus meningkatkan mutu guru IPS di wilayah Lampung.

Kegiatan yang diikuti 30 guru IPS yang merupakan pengurus MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) IPS diseluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung.

Dewan Pakar FOGIPSI Lampung juga hadir dalam acara ini. Antara lain M.Thoha Sampurna Jaya (Dosen FKIP Unila dan mantan Pembantu Rektor III Universitas Lampung) dan Zulkarnaen (Kepala Jurusan IPS FKIP Universitas Lampung) dan Masir Ibrahim, guru IPS dan aktivis pendidikan Lampung.

Mereka berkomitmen akan membantu peningkatan kapasitas dan kualitas guru IPS di Lampung.

“Peran alumni dengan menyalurkan peran kebermanfaatan dalam wadah forum ini (FOGIPSI) akan membantu kami dalam melakukan riset dalam pembelajaran IPS yang akan lebih baik nantinya serta berkolaborasi dalam berbagai kegiatan IPS,”kata Zulkarnaen dalam pengarahan di Rakerwil pertama FOGIPSI Lampung.

Sementara itu, Ketua FOGIPSI Lampung, Nursidam, mengatakan peningkatan mutu itu akan dilakukan dengan berbagai upaya. Antara lain dengan pelatihan profesi,” kata Nursidam, Ketua FOGIPSI Lampung.

Menurut Nursidam, mutu guru IPS harus terus ditingkatkan agar berdampak positif bagi peserta didik terutama peningkatan karakter dalam menyerap materi pembelajaran.

“Menjadi warga negara yang baik merupakan muara dari pembelajaran IPS. Artinya guru IPS harus mampu dalam kapasitas keprofesionalan dalam mengampu pembelajaran IPS di kelas,” katanya.

Nursidan mengatakan karakter merupakan unsur pokok yang diharapkan menjadi kepribadian yang baik bagi peserta didik tatkala mereka hidup ditengah masyarakat.

“Saat ini isu-isu nasional seperti keberagaman,penyimpangan sosial,budaya, dan lingkungan hidup dapat menjadi masalah ketika kita tidak dapat diimbangi oleh para guru. Peningkatan mutu guru IPS perlu dilakukan dalam bingkai pendidikan karakter,” kata Ketua MGMP IPS Kabupaten Pesawaran.

Aan Frimadona Roza

 

Loading...