Beranda Ruwa Jurai Lampung Timur Fokus 3 Objek Wisata, Pemkab Lampung Timur Kembangkan Smart Tourism 

Fokus 3 Objek Wisata, Pemkab Lampung Timur Kembangkan Smart Tourism 

121
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM —  Sekda Lampung Timur Syarudin Putera memimpin rapat pembentukan tim penyusunan gagasan proyek perubahan dengan topik Smart Tourism sebagai strategi peningkatan pelayanan pariwisata di Kabupaten Lampung Timur, di Aula Atas Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Kamis (4/7/2019).

“Untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan meningkatkan perekonomian masyarakat pada umumnya maka diperlukan pengelolaan pariwisata smart tourism. Yakni pengelolaan dari konvesional ke arah modern membentuk Smart Tourism Center yang memeberikan detail informasi data pariwisata dan mengintegrasi kepariwisataan di Lampung Timur,” kataSyarudin Putera.

Rapat tersebut dihadiri antara lain Kepala Dinas Kominfo.Kepala Dinas Priwisata,Kepala Dinas Peternakan dan Peternakan, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dians Perhubungan, Kepala Dinas PMD, BAPEDA, Kabg Humas, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Syarudin Putera dalam sambutanya mengatakan pemerintah meningkatkan target kunjungan pada tahun 2019 sebesar 20 juta wisatawan mancanegara. Jumlah tenaga kerja industri pariwisata juga ditargetkan naik dari 10,3 juta tahun 2014 menjadi 13 juta di tahun 2019.

“Sebagai pengelola pariwisata daerah, tentu ini jadi hal yang penting diperhatikan. Tingginya target ini memberi angin segar karena artinya pemerintah pusat fokus mendukung perkembangan pariwisata daerah. Namun ini juga menjadi pekerjaan rumah yang wajib diselesaikan dengan strategi yang tepat, agar target tersebut bisa terpenuhi,” kata Syarudin.

Menurutnya, besarnya pengguna gadget dan internet bisa dijadikan pintu masuk Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan peningkatan ekonomi daerah.

“Selain fokus dalam perbaikan infrastruktur, peluang kemajuan teknologi dijadikan ujung tombak untuk mendongkrak nilai pariwisata daerah khususnya Kabupaten Lampung Timur. Kita prioritaskan 3 objek pariwisata unggulan Lampung Timur yakni Taman Nasional Way Kambas, Taman Purbakala Pugung Raharjo, dan Pantai Kerang Mas,” kata dia.

 

Loading...