Fokus Perbaiki Jalan, Pemkab Lampung Utara Alokasikan Puluhan Miliar

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Lampung Utara, Kadarsyah
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby Handana | Teraslampung.com

Kotabumi–Sebentar lagi, sejumlah jalanan di Lampung Utara dipastikan akan kembali mulus pada tahun 2023. Sebab, Pemkab Lampung Utara telah mengalokasikan puluhan miliar untuk perbaikan atau peningkatan kualitas jalan di sana.

“Total dana untuk proyek pembangunan tahun ini mencapai sekitar Rp65-an miliar,” terang Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Lampung Utara, Kadarsyah, Selasa (28/1/2023).

Anggaran puluhan miliar ‎itu akan dikonsentrasikan untuk perbaikan atau peningkatan sejumlah jalanan di Lampung Utara. Jalan-jalan yang akan disentuh oleh pembangunan itu tersebar di pelbagai kecamatan.

“Kebanyakan jalan yang akan diperbaiki. Untuk gedung hanya ada beberapa. Itu juga sifatnya hanya merenovasi saja,” kata dia.

Kadarsyah menuturkan, sistem pengadaan untuk ‎proyek-proyek pembangunan itu ‎diperkirakan akan menggunakan sistem lelang. Seluruh persiapan yang dibutuhkan masih terus mereka proses. Mulai dari pergeseran mata anggaran hingga perampungan pengunggahan data mereka dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan/Sirup.

“‎Masih ada pergeseran anggaran karena ada beberapa proyek jalan yang telah disiapkan, tapi anggarannya tidak cukup. Kami masih memroses itu,” jelasnya.

Pelaksanaan lelang proyek pembangunan akan diupayakan secepatnya olehnya. Harapannya, dalam rentang waktu satu atau dua bulan mendatang, proses pengadaan paket proyek itu dapat dimulai.

“Secepatnya akan diupayakan agar pelbagai pembangunan dapat mulai dilakukan karena ini untuk kepentingan masyarakat,” ‎katanya.