Beranda Politik DPRD Lampung Fraksi Demokrat Dukung Perda Adaptasi Kebiasaan Baru

Fraksi Demokrat Dukung Perda Adaptasi Kebiasaan Baru

2173
BERBAGI
Para pendatang yang hendak masuk ke Kota Bandarlampung harus menjalani rapid test.
Para pendatang yang hendak masuk ke Kota Bandarlampung harus menjalani rapid test.

TERASLAMPUNG.COM — Fraksi Demokrat DPRD Lampung siap mendukung Raperda Kebiasaan Baru terkait Covid-19 segera disahkan menjadi Perda. Menurut anggota Fraksi Demokrat, Raden Muhammad Ismail, terus meningkatnya kasus Covid-19 harus diatasi secara taktis.

“Salah satunya tegas dalam menerapkan kebiasaan baru pada masa pandemi Covid-19. Meskipun Lampung masih di urutan 22 atau 23 secara nasional, Perda ini justru bagus untuk menekan penyebaran Covid-19,″ katanya, Selasa (20/10/2020).

Menurutnya,saat ini memang sudah ada Pergub tentang Adaptasi Kebiasaan Baru. Namun, dengan Perda maka payung hukumnya lebih kuat.

“Perlu ada sanksi  juga bagi para pelanggar, tapi jangan memberatkan.Misalkan jika dia melanggar protokol kesehatan, maka untuk satu kali kesalahan pertama diberi teguran. Kemudian jika kena lagi maka dengan sanksi apa membersihkan lingkungan, dan jika masih juga baru dikenakan sanksi administrasi lainnya agar efek jeranya ada,” kata dia.

Sementara, Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Lampung Zulfikar mengatakan, bahwa Raperda ini dibuat berdasarkan arahan Kemendagri untuk meningkatkan aturan adaptasi dengan payung hukum berupa Perda.

“Bukan turunan (Pergub), tapi ada arahan dari pemerintah pusat (Kemendagri) untuk meningkatkan pengaturan adaptasi dengan Perda,” kata  Zulfikar.

Zulfikar juga menyampaikan, ada poin-poin yang dipertegas masalah sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan yang telah dibuat.