Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Gaji 13 dan 14 bagi ASN di Lampung Utara Kemungkinan akan Dibayarkan...

Gaji 13 dan 14 bagi ASN di Lampung Utara Kemungkinan akan Dibayarkan Bersamaan

1053
BERBAGI
Kepala Bidang Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Pemkab Lampung Utara, Desyadi

Feaby/Teraslampung.com

Kotabumi–‎Pemkab Lampung Utara memperkirakan kemungkinan besar pembagian gaji 13 dan 14 para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lampura  akan dilakukan secara berbarengan pada bulan Juli mendatang.

“Kalau memang tahun ajaran baru anak sekolah dan perayaan hari raya itu waktunya berbarengan, kemungkinan besar gaji ke-13 dan ke-14 dapat dibayarkan secara berbarengan,” kata Kepala Bidang Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA), Desyadi melalui sambungan telepon, Sabtu (14/5).

Kendati demikian, kata Desyadi lagi, kepastian dibarengkan atau tidak kedua gaji yang sangat dinanti para ASN ini masih menunggu surat edaran resmi dari Kementerian Keuangan yang hingga kini belum terbit. Surat edaran itu yang selama ini menjadi landasan pihaknya dalam penyaluran gaji 13 termasuk gaji 14 yang baru ada pada tahun ini.

“Tapi, semua masih tunggu surat edaran yang mengatur tentang waktu penyaluran kedua gaji tersebut,” paparnya.

Menurut Desyadi, kemungkinan dibayarkan kedua gaji tersebut sangat besar terjadi. Mengingat, pembukaan tahun ajaran baru dan perayaan hari raya jatuh pada bulan yang sama yaitu bulan Juli. Sejatinya, tujuan adanya kebijakan pemberian gaji ke-13 ini untuk membantu dan meringankan beban ASN dalam menghadapi tahun ajaran baru sekolah anak – anak mereka. Sementara, tujuan pemberian gaji ke-14 ini ditujukan untuk membantu para ASN dalam menghadapi perayaan hari raya Idul Fitri.

“Gaji 13 itu untuk meringankan beban para ASN menyambut tahun ajaran baru sekolah anak – anak mereka. Sedangkan, gaji ke-14 ini merupakan kompensasi kenaikan gaji yang mulai ditiadakan pada tahun ini dan tujuannya untuk bantu ASN menyambut hari raya,” tutur dia.

Untuk pembayaran kedua gaji itu, imbuhnya lagi, Pemkab telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp80 Miliar pada tahun ini. Puluhan miliar ini diperuntukkan bagi sekitar 11 ribu ASN di lingkungan Pemkab Lampung Utara.

“Anggaran untuk pembayaran gaji ke-13 dan ke-14 sudah dialokasikan. Totalnya mencapai Rp80 miliar pada tahun ini,” kata pria yang kerap menggunakan kacamata ini.