Beranda News Pusiban Gandeng BPS, Pemprov Lampung Inisiasi Forum Satu Data

Gandeng BPS, Pemprov Lampung Inisiasi Forum Satu Data

206
BERBAGI
Wakil Gubernur Chusnunia dalam rapat koordinasi persiapan pembentukan Forum Satu Data Lampung, di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Lampung, Rabu (17/07/2019).
Wakil Gubernur Chusnunia dalam rapat koordinasi persiapan pembentukan Forum Satu Data Lampung, di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Lampung, Rabu (17/07/2019).

TERASLAMPUNG.COM — Pemprov Lampung menginisiasi Forum Satu Data Lampung dalam menerapkan kebijakan dan program Provinsi Lampung Berjaya melalui kolaborasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS).

“Forum ini terinspirasi pada saat saya melakukan kunjungan kerja ke BPS Lampung pada Senin (15/07) kemarin. Ini juga menjadi arahan Pak Gubernur Arinal Djunaidi agar kita memiliki basis data yang jelas,” kata Wakil Gubernur Chusnunia dalam rapat koordinasi persiapan pembentukan Forum Satu Data Lampung, di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Lampung, Rabu (17/07/2019).

Pembentukan forum ini, jelas Wagub Chusnunia, bukannya dilakukan karena tergesa-gesa, melainkan untuk menghasilkan data sebagai pondasi dan kebijakan yang jelas.

“Saya bersama Pak Gubernur Arinal baru saja dilantik, jadi data ini bisa menjadi pondasi dan kebijakan yang jelas,” jelas Chusnunia.

Chusnunia menjelaskan dalam waktu dekat ini Pemprov Lampung akan mengajukan APBD Perubahan 2019 dan APBD 2020. Apabila data yang masuk nanti sampah, maka kebijakan yang keluar juga sampah.

“Artinya kita ingin menyelenggarakan Pemerintahan efektif dan efisien. Bagaimana mau efisien dan efektif, jika basis data kita belum maksimal. Untuk itu, kita harus mampu menyediakan dan menghasilkan data yang akurat, relevan, dan jelas, sehingga mampu menghasilkan kebijakan baik yang mampu mendukung Provinsi Lampung Berjaya,” jelasnya.

Wagub berharap forum ini nantinya tidak hanya untuk kepentingan sesaat, tetapi dapat konsisten untuk waktu ke depan.

“Forum ini sebagai wadah komunikasi dan memastikan ketersediaan data yang akurat dan sebagai acuan, sehingga kemanfaatan data itu mampu menghasilkan kebijakan yang baik,” harap Wagub.

Wagub berharap Forum Satu Data Lampung nantinya mampu menghasilkan dan memastikan ketersediaan data yang akurat, lengkap, relevan, berkesinambungan dalam rangka mendukung kebijakan dan program Provinsi Lampung Berjaya.

“Saya berharap Forum Satu Data Lampung ini nantinya mampu memastikan ketersediaan data yang akurat, lengkap, dan berkesinambungan dalam mendukung kebijakan Provinsi Lampung Berjaya,” kata Wagub.

Melalui forum ini Pemprov Lampung akan berkolaborasi bersama BPS Lampung, sekaligus untuk mewujudkan cita-cita untuk Satu Data Indonesia.

Sementara itu, Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS) Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung Sudiyanto menuturkan bahwa forum tersebut sangat bagus untuk mendukung kebijakan.

“Data memang ada di mana-mana, tetapi ketika dibutuhkan data tersebut sulit untuk didapatkan. Terkadang kita juga mendengar bahwa membangun data itu mahal, tetapi akan jauh lebih mahal apabila membangun tanpa data. Jadi forum data ini akan sangat bagus untuk menghasilkan suatu kebijakan nantinya,” jelas Sudiyanto.

Sudiyanto juga menjelaskan bahwa BPS bertanggungjawab terhadap data statistik dasar yang sifatnya lintas sektor dan bersifat makro yaitu untuk kepentingan banyak pihak.

Sedangkan OPD Lingkup Pemprov Lampung bertanggungjawab terhadap data yang dibutuhkan untuk kepentingan instansi masing-masing (data sektoral).

“Forum Satu Data Lampung ini merupakan inisiasi yang sangat baik. Hal ini sejalan dengan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Tentunya hal ini dalam rangka menghasilkan data dengan baik, akurat, relevan, dan tepat,” jelasnya.

Sudiyanto mengakui kualitas data sangat penting, sehingga harus dikawal agar dihasilkan data berkualitas.

“Ada beberapa dimensi data berkualitas, yaitu data harus relevan atau sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan data harus akurat atau harus sesuai dengan kondisi lapangan. Untuk menghasilkan data akurat ini maka kita harus mengawalnya bersama-sama,” jelasnya.

Loading...