Beranda Politik Pilpres 2019 Gandeng Sandiaga Uno, Prabowo Siap Maju di Pilpres 2019

Gandeng Sandiaga Uno, Prabowo Siap Maju di Pilpres 2019

1526
BERBAGI
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mendeklarasikan sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2019 di Jakarta, Kamis (9/8/2018) malam. (ANTARA FOTO via Tempo)

TERASLAMPUNG.COM — Koalisi Partai Gerindra, PKS, dan PAN sepakat mengusung pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga maju sebagai capres -cawapres pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Deklarasi pencalonan Sandiaga Uno sebagai cawapres pendamping Prabowo dilakukan Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis tengah malam, 9 Agustus 2018.

“PKS, PAN dan Gerindra telah memutuskan dan memberi kepercayaan kepada Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno untuk maju sebagai calon presiden dan calon wakil presiden masa bakti 2019-2024,” kata Prabowo saat deklarasi.

Pengusungan Sandiaga menjadi cawapres diiringi dengan pengunduran diri sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. Prabowo mengatakan langkah ini dilakukan agar Sandiaga menjadi calon independen dan bisa diterima oleh PAN dan PKS.

“Saya meminta beliau mundur dari Partai Gerindra, padahal beliau di Partai Gerindra sudah cukup lama, sekarang jadi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, di bawah saya,” kata Prabowo.

Deklarasi pasangan Prabowo dan Sandiaga dihadiri ketua umum  tiga partai koalisi, yakni Gerindra, PAN, dan PKS, serta sejumlah tokoh, seperti Amien Rais dan Rachmawati Soekarnoputri.

Pada kesempatan itu Prabowo mengatakan sebenarnya dirinya berusaha untuk membuat koalisi besar dengan melakukan musyawarah dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, tanpa menyebut alasannya, Prabowo mengungkapkan bahwa pencapresan dirinya bersama Sandiaga Uno diusung koalisi  Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Amanat Nasional.

“Pada saat ini baru saja pimpinan dari tiga partai politik yaitu PKS, PAN, Gerindra, telah memutuskan dan memberi kepercayaan kepada saya dan Saudara Sandiaga Salahuddin Uno untuk maju sebagai calon presiden dan calon wakil presiden masa bakti 2019 hingga 2024,” kata Prabowo.

TL/Tempo.co