Garda Media Visual Helat Pelatihan Produksi Film

  • Bagikan
Dede Safara Wijaya

TERASLAMPUNG.COM — Garda Media Visual, salah satu komunitas film di Lampung, akan menghelat acara Pelatihan Produksi Film Fiksi dan Dokumenter di Lampung. Kegiatan ini difasilitasi oleh Pusat Pengembang Perfilman (Pusbang Film), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pusbang Film Kemendikbud tahun 2017 mengadakan seleksi Komunitas Masyarakat Film Penerima Bantuan Perfilman. GMV termasuk lolos seleksi gelombang kedua, dari tiga gelombang seleksi. Kegiatan yang diajukan Garda Media Visual adalah “Pelatihan Produksi Film Fiksi dan Dokumenter Berbasis Kearifan Lokal”

Kegiatan pelatihan akan berlangsung selama empat hari di dua tempat berbeda. Pelatihan film dokumenter tanggal 10-11 Juli di Kafe Dawiels, dan pelatihan film fiksi di Aula Diknas Gunungsugih, Lampung Tengah.

“Khusus di Lamteng, kegiatan ini didukunf  oleh Bapak Mustafa selaku Bupati Lamteng dan Diknas memfasilitasi tempat kegiatan. Peserta di sana dari guru kesenian, pelajar, dan komunitas film di Lamteng,” kata Dede Safara Wijaya, Ketua GMV, Kamis (6/7/2017).

Menurut Dede Safara, sasaran kegiatan ini komunitas dan sekolah yang ingin dan pernah membuat film. Kegiatan ini adalah upaya menambah wawasan perihal proses produksi film, sekaligus bagaimana kearifan lokal Lampung dapat ditransformasikan ke dalam film fiksi dan dokumenter.

Pematerinya antara lain Daniel Rudi Haryanto (Jakarta), sineas yang film-filmnya sudah kerap mendapat penghargaan internasional, selain itu kerap juga menjadi pemateri Eagle Awards. Pemateri lokal adalah Rusli Syukur (seniman-budayawan Lampung) dan dimoderatori Juperta Panji Utama.

  • Bagikan