Beranda Pendidikan Kabar Sekolah Gelar Career Day, Itera Fasilitasi Alumni Terhubung dengan Dunia Kerja

Gelar Career Day, Itera Fasilitasi Alumni Terhubung dengan Dunia Kerja

43
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM  — Institut Teknologi Sumatera (Itera) mengadakan kegiatan Itera Career and Scholarship Day sebagai media menghubungkan mahasiswa dan alumni dengan dunia kerja. Kegiatan yang diadakan di Aula Gedung Kuliah Umum (GKU) Itera , 25-26 September 2019, tersebut melibatkan 12 perusahaan dan satu lembaga penyedia program beasiswa pendidikan.

Ketua Pelaksana Itera Career and Scholarship Day, Handoyo, S.Si., M.T.,menyampaikan melalui kegiatan tersebut, para alumni dan mahasiswa calon wisudawan Itera  dapat memperoleh informasi dan pengetahuan seputar dunia kerja. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Itera mengingat lulusan Itera  semakin banyak, dan dalam waktu dekat Itera akan kembali mewisuda sekitar 150 mahasiswa. “Semoga acara ini dapat membantu rekan-rekan alumni dan calon wisudawan untuk memperoleh informasi seputar dunia kerja atau memperoleh informasi untuk melanjutkan studi melalui program beasiswa,” ujar Handoyo.

Mewakil Rektor Itera, Wakil Rektor Itera Bidang Non Akademik Prof. Dr. Sukrasno, M.S., dalam sambutannya menyampaikan Itera Career and Scholarship Day diadakan sesuai dengan kebutuhan Itera saat ini. Selain itu, kegiatan yang menjadi ajang link and match antar perguruan tinggi dan perusahaan tersebut diharapkan menjadi langkah awal pembentukan Itera Career Center atau Pusat Karier Itera untuk mengenalkan lulusan dengan dunia kerja sejak dini.

“Hadirnya sejumlah perusahaan di Kampus Itera dapat menjadi langkah kerja sama lebih lanjut, seperti untuk program magang mahasiswa dan penelitian bersama. Masukan dari perusahaan juga sangat diperlukan untuk meningkatkan kompetensi lulusan Itera ke depan,” ujar Sukrasno.

Prof. Sukrasno menambahkan, sebagai usaha meningkatkan kompetensi lulusan, Itera juga melakukan sertifikasi kompetensi lewat uji kompetensi kepada mahasiswa tingkat akhir di beberapa program studi seperti di bidang komputer, teknik mesin dan teknik sipil.
Presentasi Perusahaan

Pada  hari pertama kegiatan itera Career and Scholarship Day, beberapa perwakilan perusahaan melakukan presentasi di hadapan mahasiswa dan alumni, seprti Perwakilan PT Central Pertiwi Bahari (Persero), PT Hutama Karya (Persero), PT Perusahaan Gas Negara, dan PT Perkebunan Nusantara VII (Persero).

Head of Human Capital Lower Sumatera PT Central Pertiwi Bahari, Supardi Effendi dalam kesempatan tersebut menyampaikan profil perusahaan yang bergerak dalam budidaya udang, dan industri pakan udang. Menurut Supardi, saat ini dunia industri sudah semakin memanfaatkan teknologi dalam berbagai sektor, sehingga sumber daya manusia yang ahli di bidang teknologi juga sangat diperlukan.

“Adanya Itera, kami sangat senang karena perusahaan kami membutuhkan SDM di bidang teknologi, sebab hampir semua proses industri sudah mengunakan teknologi canggih,”kata dia.

Sementara Kepala Divisi Human Capital PT Hutama Karya, Dr.Ir. Yuliandi Abubakar, M.M., menyampaikan, mahasiswa dan alumni Itera perlu mengetahui bahwa persaingan dalam dunia kerja saat ini semakin tinggi. Sehingga mahasiswa dan alumni perlu meningkatkan kompetensi yang dimiliki untuk mampu bersaing.

Tidak hanya memiliki kompetensi hard skill yang didapat dari bangku kuliah, para mahasiswa dan alumni perlu membekali diri dengan soft skill yang sangat dibutuhkan di era revolusi industri 4.0.

Pada hari ke dua, beberapa perusahaan yang akan melakukan presentasi yaitu PT. Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI), PGNCom (GASNET), PT Great Giant Pinapple, PT. Solusi Transportasi Indonesia (GRAB), dan PT. Virama Karya dan lembaga scholarship Mata Garuda Lampung,

Loading...