Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Gelora Krakatau Bangkitkan Potensi Seni dan Budaya Lokal

Gelora Krakatau Bangkitkan Potensi Seni dan Budaya Lokal

96
BERBAGI
Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Ir.Sutono, M.M., menerima lukisan dari pelukis Diro Aritonang

TERASLAMPUNG.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, melalui Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) menggelar Even Promosi Destinasi Wisata yang bertajuk “Gelora Krakatau”, bertempat di Lapangan Tenis Indoor, Kalianda, Rabu (27/8).

Acara yang dikemas dalam bentuk peringatan meletusnya Gunung Krakatau  itu, dibuka oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lampung Selatan Ir. Sutono, M.M., dan  dihadiri oleh jajaran Forkopimda Lamsel, kepala SKPD Pemkab Lamsel, serta tamu undangan dari kalangan pelajar sekolah tingkat SD, SMP dan SMA yang ada di Kota Kalianda.

Bupati Lampung Selatan  H. Rycko Menoza SZP dalam sambutanya yang dibacakan oleh Sekkab Lamsel Ir. Sutono mengatakan, digelarnya even promosi destinasi wisata ini merupakan salah satu langkah strategis dalam upaya mengeksplorasi potensi seni dan budaya lokal, sekaligus sebagai ajang promosi wisata kepada masyarakat, para wisatawan dan juga para investor maupun dunia usaha.

“Kegiatan ini merupakan bukti konkret kokohnya sinergisitas di antara segenap stakeholders pembangunan seni dan budaya daerah, dalam rangka bahu-membahu membangun Kabupaten Lampung Selatan, khususnya dibidang seni dan budaya serta wisata daerah agar dapat berkembang menjadi sebuah industri kreatif yang bisa mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Melalui momentum ini diharapkan para seniman dapat memiliki kesempatan untuk menunjukkan hasil kreasinya di bidang seni dan budaya sehingga akan membuat para seniman dapat lebih bersemangat dalam menemukan berbagai kreasi karya seni yang dapat diciptakan dan menghibur masyarakat.

“Kami selaku pemerintah daerah, tentunya mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Lampung Selatan, untuk dapat menjalin  kerjasama dalam rangka mengembangkan industri pariwisata, seni dan budaya yang ada,” kata Sutono.

Pada kesempatan itu, Sutono pun mengimbau  para seniman dan budayawan serta para pengelola objek wisata daerah, agar dapat terus berupaya mengoptimalkan setiap potensi yang ada, khususnya dalam rangka pembenahan sarana dan prasarana destinasi wisata, memelihara dan membina seni budaya lokal secara berkesinambungan, serta melaksanakan kegiatan-kegiatan promosi yang lebih mengedepankan daya tarik wisata khas daerah.

“Momentum strategis ini dapat mewujudkan wahana efektif dalam rangka membangun citra positif dan mengembangkan daya tarik wisata. Sekaligus untuk mempromosikan destinasi wisata serta menggali potensi seni dan budaya lokal yang ada di kabupaten ini (Lamsel, red),” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disparbud Lampung Selatan,  Drs. M. Darmawan, mengatakan  acara gelora krakatau ini memiliki tujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata daerah yang ada di Kabupaten Lamsel, kepada wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Selain itu, juga untuk melestarikan seni dan budaya daerah Lampung yang bisa diperkenalkan kepada masyarakat luas, baik yang ada di daerah maupun di luar Kabupaten Lamsel. Kegiatan ini pada intinya untuk mendukung hajat Pemerintah Provinsi Lampung yakni, Festival Krakatau yang selalu diselenggarakan setiap tahun,” tuturnya.

Diungkapkannya, untuk mendukung kegiatan Pemerintah Provinsi tersebut, pihaknya menggelar berbagai rangkaian acara mulai dari pelaksanaan do’a dan zikir bersama masyarakat di Desa Tejang Pulau Sebesi, Kecamatan Rajabasa, menyambut tour krakatau dengan perahu hias, serta pawai budaya, dan lomba lintas alam wisata.

“Kami dari Dinas Pariwisata dan Budaya, berharap semoga semua rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dapat bermanfaat bagi para generasi muda, khususnya masyarakat yang ada  di Kabupaten Lampung Selatan,” harapnya.

Diketahui, dalam acara Gelora Krakatau tersebut, pihak penyelenggara menyajikan pertunjukan seni tari dan teater, serta pembacaan puisi dan pemeran lukisan tentang Gunung Krakatau buah karya Seniman asal Kota Kalianda Diro Aritonang. (ADVETORIAL)

Loading...