Gempa 3.7 Magnitudo Guncang Lampung Selatan

  • Bagikan
Ilustrasi

TERASLAMPUNG.COM — Gempa bumi 3,7 magnitudo guncang Lampung Selatan (Lamsel) selepas tengah malam sekitar pukul 00.00 WIB. Getaran gempa, dirasakan hingga ke Kota Bandarlampung.

Sejumlah warga di Kabupaten Lampung Selatan, mengaku merasakan getaran gempa lepas tengah malam Sabtu (20/3/2021) sekitar pukul 00.00 WIB.

Meski getaran gempa tidak mengakibatkan kerusakan rumah dan fasilitas publik serta membahayakan warga di empat Kecamatan tersebut, namun getaran gempa yang terjadi semalam sempat membuat panik warga.

Dian (45), warga Kecamatan Sidomulyo kepada teraslampung.com mengatakan, getaran gempa semalam, dirasakannya ketika ia mau beranjak tidur dan cukup lumayan kuat getaran gempanya.

“Begitu saya masuk kamar mau tidur, tiba-tiba kok ada getaran cukup lumayan kuat dan perabot rumah pada goyang semua kaca rumah juga getar. Spontan saja, saya langsung lompat dari atas ranjang tidur dan keluar rumah takut terjadi sesuatu. Persisnya jam 00.00 WIB getaran gempa itu,”kata dia, Sabtu (20/3).

Hal senada dikatakan oleh Lihin (28), warga Kecamatan Katibung yang juga mengaku merasakan getaran gempa sangat terasa betul di wilyah tempat tinggalnya.

“Ya mas, saya dan warga lainnya di Kecamatan Katibung juga merasakan getaran gempa itu. Cukup kerasa betul getaran gempanya, saya dan keluarga sampai lari keluar rumah,”ucapnya.

Begitu pun dengan Ihsan, warga Kecamatan Jati Agung. “Kalau yang saya rasakan, getaran gempanya memang kecil. Tapi warga lainnya pun ikut merasakan getaran gempa itu meski kecil getarannya,”kata dia.

Dilansir dari situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa terjadi pada Sabtu 20 Maret 2021 pukul 00.01.11 WIB di wiliayah Lampung Selatan dan sekitarnya.

Hasil analisa BMKG menunjukkan, gempa bumi tersebut berkekuatan 3,7 magnitudo Episenter terletak pada kordinat 5.64 Lintang Selatan (LS) dan 105.35 Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 27 km Barat laut Lampung Selatan pada kedalaman 2 kilometer.

Itensitas gempa itu terukur maksimal pada skala III MMI, atau terasa nyata didalam rumah di Lampung Selatan dan Kota Bandarlampung.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalam hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat” tulis situs BMKG tersebut.

BMKG menghimbau kepada masyarakat, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh adanya isu yang tidak benar yang tidak dapat dipertangungjawabkan kebenarannya.

Sejumlah netizen pun mersepons info gempa tersebut di akun media sosial twitter BMKG mengaku bisa merasakannya. Rata-rata berasal dari Lampung Selatan dan mengungkap getaran yang cukup kuat pada benda dan sekitarnya.

Seperti dicuitkan akun @dewinuriyah3; “Saya di Sukabumi Bandarlampung juga terasa getar, kaca jendela getar sampe loncat dari tempat tidur. Semoga tidak terjadi lagi aamiin,” tulisnya.

Zainal Asikin

stelah konten
  • Bagikan