Beranda News Jiran Sumatera Gempa 5,2 SR Guncang Bengkulu

Gempa 5,2 SR Guncang Bengkulu

547
BERBAGI
Ilustrasi

TERASLAMPUNG.COM — Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,2 Skala Richter  mengguncang Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, sekira pukul 22.21 WIB, Minggu (26/2/2017). Gempa dengan episenter koordinat 4.24 Lintang Selatan dan 101.97 Bujur Timur itu berjarak 59 kilometer (km) Barat Daya, Kota Bengkulu, Bengkulu, dengan kedalaman 23 km itu membuat banyak warga Bengkulu panik. Guncangan gempa juga terasa

Gempa ini juga dirasakan warga sejumlah daerah di Bengkulu, seperti Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Kabupaten Kaur dan Kabupaten Kepahiang.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Litman, mengatakan gempa gali ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Gempa disebabkan adanua aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. ‘Sistem subduksi lempeng di daerah ini cukup aktif,” kata Litman.

Litman mengimbau warga Bengkulu tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

”Masyarakat di daerah pesisir Kaur untuk tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” katanya.

 

Gempa Bengkulu

Sejak terjadinya gempa dahsyat yang meluluhlantakkan sebagian wilayah Bengkulu pada 17 September 2007 lalu, hingga kini banyak warga Bengkulu jika terjadi gempa.

Gempa Bengkulu pada 17 September 2007 lalu berkekuatan 7.9 SR. Pusat gempa kala itu berada kira-kira 10 km di bawah tanah, sekitar 105 km lepas pantai Sumatra, atau sekitar 600 km dari ibukota Jakarta.

Gempa utama ini diikuti oleh serangkaian gempa susulan, yang berkekuatan sekitar 5 through 6 Mw pada patahan yang sama. Gempa utama tersebut juga disusul dengan gelombang pasang yang kemudian membanjiri sedikitnya 300 rumah penduduk dan bangunan publik di Pulau Pagai, Kepulauan Mentawai sampai setinggi 1 meter.

Loading...