Beranda Teras Berita Gempa 6,4 SR Guncang Aceh

Gempa 6,4 SR Guncang Aceh

222
BERBAGI
Ilustrasi

Dewira/Teraslampung

JAKARTA- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir telah terjadi gempa bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) pada Minggu (18/5) pukul 08.02 WIB, berpusat di  342 kilometer barat daya Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh.

“Pusat gempa di laut dengan kedalaman 15 kilometer. Tidak ada potensi tsunami,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Minggu (18/5).

Menurut Sutopo, Posko BNPB telah menghubungi beberapa BPBD di Aceh. Gempa terasa sedang hingga cukup kuat beberapa detik oleh warga masyarakat di pesisir barat di Aceh Jaya dan Meulaboh (Aceh Barat).

“Sebagian masyarakat berhamburan keluar rumah. Berdasarkan peta guncangan gempa, intensitas gempa berskala III-IV MMI (sedang). Belum ada laporan kerusakan bangunan. BPBD masih melakukan pengecekan di lapangan. Kondisi masyarakat tetap berjalan normal,” ungkap Sutopo.

Lebih lanjut, Sutopo mengatakan, lokasi gempa 6,4 SR yang terjadi pada pagi hari ini merupakan satu komplek dengan lokasi gempa 8,5 SR yang terjadi pada 11 April 2012 lalu.
Pusat gempa berada di bagian luar dari daerah pertemuan lempeng Hindia Australia dengan Eurasia atau outer rise earthquake.

Mekanisme gempa diperkirakan bersumber dari sesar geser. Bukan sesar naik sehingga tidak menimbulkan potensi tsunami.

“Masyarakat diimbau tetap waspada. Gempa bersifat quick on set. Artinya terjadi secara mendadak dan tidak ada tanda-tanda sebelumnya. Jika terjadi gempa secepatnya keluar dari bangunan dan berkumpul di tempat yang aman,” imbau Sutopo

Loading...