Beranda Teras Berita Gempa: Badan Survei Geologi AS Catat Gempa Berpusat di Adipala Cilacap

Gempa: Badan Survei Geologi AS Catat Gempa Berpusat di Adipala Cilacap

328
BERBAGI
Data gempa menurut Badan Survei Ekologi Amerika Serikat (USGS) 



Bambang Satriaji/Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG—Data berbeda diberikan dua lembaga pemantau gempa bumi, Sabtu (25/1/2014). Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa bumi Sabtu siang itu berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) terjadi pukul 12.14 WIB, pada kedalaman 48 kilometer berpusat di 104 kilometer barat daya Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, tepatnya di 8.48 LS,109.17 BT.

Sementara Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melalui laman laman earthquake.usgs.gov mencatat gempa tersebut berkekuatan 6,1 Skala Richter, terjadi pada Sabtu siang pukul 12.14 WIB., pusat gempa berada di 39 kilometer Adipala, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia pada kedalaman 83,2 km.

Peta Adipala (Cilacap) dan sebagian Cilacap

Cilacap dan Kebumen memang dua kabupatan bertetangga. Keduanya sama-sama berada di kawasan Pantai Selatan Pulau Jawa. Jarak Adipala ke Kebumen sekitar 30 Km.


Informasi gempa yang disampakan lembaga AS tersebut lebih mudah dan lebih cepat diakses oleh publik dibanding informasi milik BMKG. Begitu laman earthquake.usgs.gov dibuka, akan langsung terpapar peta pusat gempa yang ada di pelbagai penjuru dunia. Termasuk data pendukungnya.