Beranda Teras Berita Gempa Berpotensi Tsunami Landa Chile

Gempa Berpotensi Tsunami Landa Chile

211
BERBAGI
Perugas penanggulangan bencana mnegevakuasi warga (dok reuters)

Chile, teraslampung.com— Gempa bumi berkekuatan 8,2 skala Richter terjadi tak jauh dari Chile. Peringatan tsunami telah dikeluarkan hingga ke Hawaii. Pemerintah Chile menyerukan evakuasi. Sedikitnya lima  orang dilaporkan tewas gempa bumi besar yang mengguncang pesisir utara Chile.

“Para korban adalah empat lelaki dan seorang perempuan yang tewas di Iquaigue dan Alto Hospicio baik karena serangan jantung ataupun tertimpa reruntuhan,” kata Menteri Dalam Negeri Chile, Rodrigo Penailillo, Selasa malam (1/4).

Menteri Rodrigo Penailillo belum dapat mengonfirmasi laporan penjarahan di wilayah pesisir seperti kabar yang beredar di jejaring sosial, namun menegaskan bahwa 100 anggota pasukan khusus sudah diturunkan ke Iquique untuk menjamin keamanan.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengeluarkan peringatan tsunami bagi Amerika Selatan dan sebagian wilayah pesisir Pasifik Amerika Tengah hari Selasa (1/4) malam. Warga Chile, Peru, Ekuador, Kolombia, Panama dan Kosta Rika dalam keadaan waspada.

Sementara badan Kemendagri Chile untuk urusan bencana,ONEMI,mengimbau warga pesisir untuk mengungsi ke dataran yang lebih tinggi sebagai langkah pencegahan.

Gempa bumi berkekuatan 8 skala Richter terekam 83 kilometer lepas pantai Iquique, sebuah kota pelabuhan kurang lebih 300 kilometer di sebelah selatan perbatasan Chile dengan Peru. Survei Geologis Amerika Serikat (USGS) melaporkan gempa bumi terjadi pada kedalaman 10 kilometer pukul 8:46 malam waktu setempat.

Potensi Timbulkan Tsunami


“Gempa bumi sebesar ini berpotensi menimbulkan tsunami yang dapat menghajar wilayah pesisir tak jauh dari pusat gempa bumi dalam hitungan menit dan pesisir yang lebih jauh dalam hitungan jam,” tegas Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

Kekhawatiran akan tsunami mulai mereda hari Rabu (2/4). Angkatan laut Chile melaporkan ombak setinggi dua meter telah mencapai pesisir utara sekitar 45 menit setelah gempa bumi.

Gempa menyebebkan banyak ruas jalan tertimbun longsor. Sementara di Kota Iquiquie dilaporkan 300-an tahanan peremuan kabur dari penjara.

Sumber: bbc, afp/reuters

Loading...