Gempa Magnitudo 7,4 Guncang Kabupaten Maluku Barat Daya

  • Bagikan
Ilustrasi

TERASLAMPUNG.COM, MALUKU — Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7,4 mengguncang wilayah  Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, Kamis dini hari, 30 Desember 2021, pukul 01.25 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis, lokasi gempa berada di 7,76 Lintang Selatan—127,66 Bujur Timur dengan kedalaman 210 kilometer dengan pusat gempa di laut 45 kilometer Barat Daya Maluku Barat Daya.

Getaran gempa dirasakan sampai Tiakur dalam skala V—VI Modified Mercalli Intensity (MMI), Tepa dalam skala IV—V MMI, Saumlaki dalam skala IV MMI, Tual dalam skala III MMI, Raja Ampat dalam skala II MMI, Kota Sorong dalam skala II MMI, Darwin Australia dalam skala III—IV MMI, Waingapu dalam skala III—IV MMI, Rote dalam skala III MMI, dan Sabu dalam skala II MMI.

Setelah gempa besar itu, disusul gempa lagi dengan  bermagnitudo 5,1 pada pukul 03.32 WIB. Lokasi gempa berada di 7,81 Lintang Selatan—127,69 Bujur Timur dengan kedalaman 167 kilometer dan pusat gempa berada di 39 kilometer Barat Laut Maluku Barat Daya.

Meskipun berkekuatan magnitudo 7.4 SR, gempa yang terjadi di wilayah Maluku Barat Daya tidak berpotensi tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis laman BMKG.

Hingga Kamis pagi pukul 06.00 WIB belum ada laporan resmi terkait dampat gempa tersebut.

  • Bagikan