Beranda News Peristiwa Gempa Tasikmalaya 6,9 SR, Tiga Orang Meninggal Dunia

Gempa Tasikmalaya 6,9 SR, Tiga Orang Meninggal Dunia

47
BERBAGI
Korban gempa di Banyumas,Jawa Tengah. (Foto: AP)

TERASLAMPUNG.COM — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut, tiga orang meninggal dunia akibat gempa bumi berkekuatan 6,9 skala Richter yang berpusat di sebelah barat daya Tasikmalaya,Jawa Barat,Jumat tengah malam (15/12/2017).

“Sampai dengan hari ini tercatat tiga orang meninggal dunia, yaitu dua orang akibat tertimpa tembok rumah yang roboh,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam konferensi pers yang digelar di Graha BNPB Jakarta Timur, Sabtu (16/12/2017).

Menurut Sutopo, dua dari tiga korban meninggal karena tertimpa tembok yang roboh, sedangkan satu korban lagi meninggal saat dibawa ke rumah sakit.

“Korban yang tertimpa tembok adalah Ibu Aminah usia 80 tahun warga dari Kota Pekalongan, Jawa Tengah dan Ibu Hj Dedeh Nudri warga Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat. Sedangkan yang meninggal saatdilarian ke rumah sakit adalah  Ibu Fatimah ( 34 tahun), warga Jambon Kabupaten Bantul,”katanya.

Menurut Sutopo, Aminah pada saat kejadian gempa  panik dan berusaha lari.Namun, ia kemudian terjatuh.

“Dalam perjalanan k rumah sakit kemudian meninggal dunia,” kata  Sutopo.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, terjadi 19 kali gempa bumi susulan setelah terjadinya gempa pada Jumat, 15 Februari 2017 malam pukul 23.47 WIB yang melanda wilayah Jawa.

“Sejak tadi malam sampai dengan sekarang sudah terjadi gempa susulan 19 kali, gempa memang kecil, itu adalah hal yang alamiah,” ujarnya.

Menurut Sutopo, gempa susulan tersebut hanya berskala kecil di bawah 5 skala Richter. Hal itu jauh jika dibanding dengan tadi malam hingga 6,9 skala Richter.

“Tadi pagi terjadi 5,4 skala Richter sumbernya lain, dia berada di sebelah barat daya, jauh, dan tidak menimbulkan kerusakan bangunan di sekitar Garut, Sukabumi, Cianjur, dan lainnya,” jelas Sutopo.

Gempa mengguncang Pulau Jawa pada Jumat, 15 Desember 2017 malam, pukul 23.47 WIB. Getaran gempa terasa di sejumlah daerah, di antaranya Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Bali dan NTB.