Beranda Views Opini Generasi Milenial yang Peduli Cuaca

Generasi Milenial yang Peduli Cuaca

115
BERBAGI

Oleh: Ramadhan Nurpambudi*

Hidup di era milenial seperti sekarang ini dimana dominasi media sosial sangat besar-besaran membawa perubahan di hidup kita. Tidak hanya gaya komunikasi yang mengalami perubahan dari sisi belanjapun banyak sekali mengalami kemajuan. Kita tidak perlu lagi banyak membuang waktu untuk pergi ke pusat perbelanjaan cukup duduk manis dan pesan apa yang kita inginkan melalui aplikasi dan barang akan datang ke rumah kita.

Orang tua kita dulu mungkin hanya bisa mengetahui besok akan hujan atau besok akan cerah. Namun di era sekarang kita bisa mengetahui potensi hujan hingga satu jam kedepandan bahkan di Amerika sudah bisa memprediksi potensi hujan hingga skala menit. Tentu ini kemajuan teknologi yang sangat pesat, masyarakat sebagai user tentunya akan selalu mau lebih dan tidak akan pernah puas itu sudah menjadi kodrat.

Wilayah Indonesia berada di wilayah tropis dimana banyak gangguan cuaca yang kapan saja bisa mempengaruhi pembentukan awan-awan konvektif yang berpotensi menghasilkan hujan. Membuat prakiraan cuaca di wilayah Indonesia jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan wilayah-wilayah yang berada di luar khatulistiwa. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para prakirawan BMKG untuk lebih memahami kondisi wilayahnya masing-masing karena setiap wilayah memiliki karakteristik yang bebeda satu dengan yang lainnya.

Saat ini generasi millennials atau biasa juga disebut anak zaman now sangat mendominasi dunia media sosial. Mulai dari bangun tidur sampai nanti akan tidur lagi hampir tidak bisa jauh dari yang namanya smartphone. Kami dari BMKG ingin mengajak generasi millenials ini untuk lebih peduli dengan cuaca dan iklim. Banyak cara yang sudah kami coba untuk mendekatkan diri dengan mereka yaitu bergabung dengan instagram dimana mayoritas generasi millenials ini banyak berkumpul.

Dengan produk harian yang kita miliki memang terkesan membosankan dari sisi tampilannya maka dari itu kami berusaha untuk mengemas produk-produk yang kami miliki melalui infografis agar tampilannya menjadi lebih menarik dan bisa diterima oleh generasi millenials ini. Wilayah Indonesia memang sangat rawan terjadi bencana mulai dari banjir, tanah longsor, sampai gempa bumi sudah selalu kita dengar di televise atau di dunia maya.

Kami dari BMKG mengajak generasi millenials untuk sama-sama belajar bagaimana mitigasi bencana karena bencana bisa kapan saja terjadi di wilayah Indonesia. Terutama untuk gempa bumi yang hingga saat ini belum bisa diprediksi dimana dan kapan akan terjadi. Menjadi perhatian kita bersama adalah jika terjadi gempa bumi apa yang harus kita lakukan ? apa yang sudah kita persiapkan ? tentu saja banyak yang mengerti mengenai mitigasi bencana ini.

Generasi millenials bisa mengikuti perkembangan berita seputar cuaca melalui instagram @infocuacalampung dimana di dalamnya akan rutin kami posting seputar peringatan dini cuaca ekstrim dan juga gempa bumi yang terjadi di sekitar wilayah Lampung. Untuk mengetahui lebih dalam seputar cuaca generasi millenials bisa berkunjung ke kantor kami di sekitar Bandara Radin Inten, nantinya kami bersama rekan-rekan akan menjelaskan mengenai fenomena cuaca serta dampak-dampak yang bisa dihasilkan.

Kami dari BMKG tidak bisa bergerak sendiri disini kami butuh bantuan generasi millenials untuk bekerjasama, bersinergi untuk melakukan pembelajaran mengenai mitigasi bencana supaya

ketika bencana terjadi kita paling tidak sudah paham sedikit apa yang harus kita lakukan dan apa saja yang perlu kita amankan. Tentu saja kita selalu berdoa agar Lampung dijauhkan dari segala macam bencana namun tidak menutup mata bahwa Lampung sendiri berpotensi terjadi bencana seperti gempa, banjir, hingga tanah longsor dan juga bencana hidrometeorologi lainnya.***

*Prakirawan BMKG Lampung

Loading...