Gerakan Minat Baca, KPAD Lamsel Gelar Gelora Pustaka 2014

  • Bagikan
Iwan J Sastra/Teraslampung.com

Asisten Adum Setdakab Lamsel Edyar Saleh (berkaca mata,  red), memimpin rapat persiapan Gebyar Gelora Pustaka 2014, diruang kerjanya  Selasa (7-10).
KALIANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, melalui Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) setempat, akan menggelar Gelora Pustaka 2014 dalam rangka mengerakan minat baca masyarakat Lampung Selatan, pada pertengahan November tahun ini.
Menurut Asisten Administrasi Umum (Adum) Setdakab Lamsel Edyar Saleh, kegiatan gelora pustaka 2014 merupakan suatu langkah bagi pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat yang ada di kabupaten serambi pulau sumatera ini.
“Selama ini Bupati kita Pak Rycko Menoza menilai, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah sepertinya kurang bergerak dalam melakukan upaya-upaya peningkatan minat baca bagi masyarakat. Oleh karena itu, melalui acara Gelora Pustaka 2014 ini, diharapkan kedepannya minat baca atau kegiatan-kegiatan yang terkait dengan perpustakaan di kabupaten Lamsel bisa terus maju dan berkembang,” ujar Edyar Saleh, saat memimpin rapat persiapan acara Gelora Pustaka 2014, diruang kerjanya, Selasa (7/10) siang.
Pada kesempatan itu, Edyar Saleh juga berpesan kepada pihak KPAD Lamsel, agar kegiatan Gelora Pustaka dapat dilaksanakan semeriah mungkin dengan mengandeng pihak-pihak penerbit buku bacaan yang bisa menampilkan koleksi buku-buku bacaan dalam acara tersebut.
“Artinya, kegiatan gelora pustaka ini jangan hanya sebatas seremonial saja. Tetapi harus ada implementasinya. Banyak buku-buku bacaan yang dibutuhkan oleh masyarakat khususnya para pelajar dan mahasiswa yang selama ini sangat sulit didapat diwilayah Kota Kalianda. Maka dari itu, saya meminta akag pihak penyelenggara sebisa mungkin dapat mengandeng pihak penerbit buku-buku bacaan yang bisa ditampilkan melalui sebuah bazar pada acara kegiatan Gelora Pustaka 2014 ini,” harapanya.
Sementara itu, Kepala KPAD Lamsel Drs. A. Kholil. S menjelaskan, selain menggelar bazar buku-buku bacaan, dalam kegiatan Gelora Pustaka 2014 itu juga, pihaknya akan menggelar berbagai macam perlombaan yang berkaitan dengan membaca seperti lomba baca puisi, pidato bahasa inggris, bercerita, story telling, lomba mewarnai, tari kreasi, serta musikalisasi pusisi.
“Untuk meriahkanya acara tersebut, kami akan melibatkan para pelajar sekolah se-Kabupaten Lamsel mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak, SD, SMP dan SMA sebagai peserta. Selaian itu juga para guru PAUD dan TK se- Lamsel,” jelasnya.
“Demi suksesnya kegiatan ini (Gelora Pustaka, red), kamipun akan melibatkan beberapa dinas/instansi terkait, pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Lamsel, serta beberapa penerbit buku bacaan selaku pihak sponsor. Tentunya, kami berharap kepada semua pihak yang terlibat untuk bisa bekerja sama demi suksesnya penyelenggraan kegiatan Gelora Pustaka Tingkat Kabupaten Lamsel tahun 2014 ini,” katanya. 
  • Bagikan